INFO CPNS 2019: Berikut Ini Dokumen Penting yang Sebaiknya Mulai Anda Siapkan Untuk Mengikuti Seleksi CPNS 2019

PILAHBERITA.COM - Pemerintah sudah secara resmi memastikan akan menyelenggarakan rekrutmen CPNS 2019 dan PPPK 2019.

Jumlah formasi CPNS 2019 dan PPPK 2019 yang dibutuhkan pun sudah disampaikan secara langsung ke publik, yakni sebanyak 254.173.
Berikut adalah rincian formasi CPNS 2019 Pemerintah Pusat dan Daerah dikutip dari akun official BKN di Instagram @bkngoidofficial:

Pemerintah Pusat : 

1. Untuk PNS : 23.213

a. Diisi dari Pelamar Umum: 17.519

b. Diisi dari Sekolah Kedinasan: 5.694

2. Untuk PPPK (yang diisi dari eks TKH-II dan Honorer): 23. 212

Jumlah Alokasi untuk Pemerintah Pusat: 46. 425

Pemerintah Daerah:

1. Untuk PNS: 62.324

a. Yang diisi dari Pelamar Umum: 62.249

b. Yang diisi dari Sekolah Kedinasan (STTD): 75

2. Untuk PPPK (yang diisi dari eks TKH-II dan Honorer: 145.424

Jumlah Alokasi untuk Pemerintah Daerah: 207. 748.

Dari data tersebut menunjukkan jumlah alokasi keseluruhan mencapai sebanyak 254.173 formasi.

Oleh karena itu, jika Anda berminat untuk ikut dalam proses rekrutment CPNS tahun 2019 atau PPPK 2019 ini, sebaiknya mulai mempersiapkan dokumen-dokumen penting yang dibutuhkan.

Saat melakukan pendaftaran, ada dua hal yang wajib dibutuhkan, yakni Nomor Induk Kependudukan yang tertera pada Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) dan Nomor Kartu Keluarga.

Sebaiknya mulai dari sekarang, Ada memastikan tak ada masalah terkait dengan dua dokumen di atas. 

Pasalnya, pengaduan ke helpdesk SSCN BKN seringkali didominasi oleh permasalahan terkait kependudukan tersebut.

Permasalahan kependudukan ini juga sempat terjadi pada waktu pendaftaran tahun 2017 dan 2018 lalu.

Mengantisipasi masalah ini, pelamar harus memastikan NIK dan KK yang akan digunakan pada saat pendaftaran online lewat https://sscn.bkn.go.id sudah terdaftar dan update dalam database Kantor Kependudukan dan Pencatatan Sipil di pusat

Ketidaksesuaian nama dan tanggal lahir pada Kartu Tanda Penduduk (KTP) dengan database kependudukan nasional menjadi salah satu yang dikeluhkan oleh pelamar.

BKN selalu mengimbau dan mengedukasi kepada seluaruh masyarakat yang berminat mendaftar CPNS untuk mengantisipasi permasalahan itu jauh-jauh hari sebelumnya dengan melakukan konfirmasi ke dinas Dukcapil setempat.

Namun selain dua dokumen penting di atas, masih ada dokumen-dokumen lain bisa Anda siapkan mulai dari sekarang, diantaranya adalah:

1. Sertifikat Akreditasi

Sama halnya dengan rekrutmen CPNS tahun sebelumnya, calon pelamar CPNS tahun 2019 juga akan diwajibkan untuk melampirkan sertifikat akreditasi, baik itu program studi maupun perguruan tinggi asal mereka.

Sertifikat Akreditasi yang dibutuhkan, yakni sertifikat yang dikeluarkan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi ataupun Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan bagi prodi di bidang kesehatan

Sertifikat akreditasi tersebut nantinya akan diunggah pada  saat melakukan pendaftaran online. Sertifikat akreditas yang dipersyaratkan pun harus sesuai dengan tahun kelulusan.

Misalnya, saat Anda lulus pada tahun 2012, maka sertifikat akreditasi yang dibutuhkan, yakni sertifikat akreditasi yang berlaku untuk tahun tersebut.

Untuk mendapatkan sertifikat akreditasi tersebut, bisa dengan mendatangi jurusan dan kampus tempat Anda kuliah dulu.

2. Sertifikat TOEFL

Beberapa instansi juga menjadikan nilai TOEFL sebagai salah satu syarat. Umumnya syarat nilai TOEFL yang diminta, yakni berkisar antara 450-500. 

Maka dari itu dibutuhkan sertifikat TOEFL sebagai lampiran. Jika Anda belum memilikinya, mulailah dari sekarang untuk mencari tahu jadwal pelaksanaan tes TOEFL. Pasalnya, membutuhkan waktu sedikitnya dua minggu.

Anda bisa mencari tahu informasi mengenai hal itu di pusat bahasa universitas negeri ataupun lembaga pelatihan bahasa resmi.

Jika belum yakin bisa mencapai syarat skor TOEFL yang ditentukan, Anda bisa mengikuti pelatihan persiapan TOEFL sebelum melaksanakan ujian tes.

3. Ijazah dan Transkrip Nilai 

Pada saat pendaftaran, pelamar CPNS 2019 juga wajib melampirkan soft file ijazah dan transkrip nilai. Selain itu, Anda juga sudah bisa menyiapkan ijazah dan transkrip nilai yang sudah dilegalisir oleh kampus.

Namun, hal ini akan dibutuhkan pada saat proses pemberkasan setelah dinyatakan lulus.

Sementara itu, bagi pelamar lulusan dari perguruan tinggi di luar negeri telah memperoleh penyetaraan ijazah dari pejabat yang berwenang, yakni Eks Direktorat Jenderal DIKTI Kemdikbud atau Direktorat Pembelajaran, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti.

4. Surat Keterangan Berbadan Sehat dan Bebas Narkoba

Surat Seterangan Berbadan Sehat dan Bebas Narkoba juga menjadi salah satu berkas penting yang mesti disiapkan mulai dari saat ini. 

Dalam seleksi CPNS, biasanya surat ini harus berjarak 6 bulan dari tanggal pembukaan CPNS. Sebaiknya surat keterangan sehat dibuat di Puskesmas atau rumah sakit pemerintah. 

Syarat Dasar bagi Pelamar CPNS 2019

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil (PNS), pada prinsipnya setiap Warga Negara Indonesia (WNI) mempunya kesempatan yang sama untuk menjadi PNS, sepanjang memenuhi 9 persyaratan sebagai berikut:

1) Usia paling rendah 18 (delapan belas) tahun dan paling tinggi 35 (tiga puluh lima) tahun pada saat melamar

2) Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara 2 (dua) tahun atau lebih

3) Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, prajurit Tentara Nasional Indonesia, anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta

4) Tidak berkedudukan sebagai calon PNS, PNS, prajurit Tentara Nasional Indonesia, atau anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia

5) Tidak menjadi anggota atau pengurus partai atau terlibat politik praktis

6) Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan Jabatan

7) Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan Jabatan yang dilamar

8) Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia atau negara lain yang ditentukan oleh Instansi Pemerintah

9) Persyaratan lain sesuai kebutuhan Jabatan yang ditetapkan oleh Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK).

Sementara persyaratan tambahan untuk masing-masing formasi ditentukan oleh PPK Kementerian/Lembaga/Dinas masing-masing.

Namun demikian, batas usia sebagaimana dimaksud pada ayat (1) yakni Usia paling rendah 18 (delapan belas) tahun dan paling tinggi 35 (tiga puluh lima) tahun dapat dikecualikan bagi Jabatan tertentu yang ditetapkan Presiden, yaitu paling tinggi 40 (empat puluh) tahun.

Sumber : https://makassar.tribunnews.com

0 Response to "INFO CPNS 2019: Berikut Ini Dokumen Penting yang Sebaiknya Mulai Anda Siapkan Untuk Mengikuti Seleksi CPNS 2019"

Posting Komentar