Daftar Instansi yang Sulit dapat Jatah Formasi PPPK atau CPNS 2019

Pilahberita.com - Selamat pagi sahabat pilahberita.com, apa kabar anda di tahun 2019 ini ?. Bagi anda yang belum beruntung lulus Seleksi CPNS 2018 lalu jangan khawatir dan sedih. Tahun 2019 ini Pemerintah kembali akan membuka lowongan entah itu Seleksi PPPK maupun Seleksi CPNS. 

 

Seperti halnya Seleksi CPNS 2018 lalu, Seleksi PPPK yang akan dibuka bulan Januari 2019 ini memiliki syarat bagi instansi yang akan membuka formasi. Syarat utama instansi yang dapat diberikan jatah formasi adalah belanja pegawai tidak melebih 50% dari total anggaran belanjanya. 


Dilansir dari kompas.com, Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana menjelaskan, teknis penyusunan kebutuhan P3K akan sama dengan teknis penyusunan kebutuhan calon pegawai negeri sipil (CPNS). Nantinya, instansi mengusulkan kebutuhan formasi ke Kementerian PAN RB. Selanjutnya, BKN akan memberikan pertimbangan teknis terkait kebutuhan formasi tersebut. 
 

"Kebutuhan formasi tersebut juga disesuaikan dengan ketersediaan alokasi belanja pegawai daerah yang tidak lebih dari 50 persen," ujar Bima. 
Dari informasi yang diterima Kompas.com, disebutkan bahwa pada tahun 2019 pemerintah akan kembali membuka rekrutmen CPNS. Pembukaan CPNS ini diklaim untuk memenuhi kebutuhan pegawai, terutama di bidang pendidikan dan kesehatan karena pada tahun depan banyak pegawai yang memasuki usia pensiun.
 
Dari informasi yang diterima Kompas.com, disebutkan bahwa pada tahun 2019 pemerintah akan kembali membuka rekrutmen CPNS. Pembukaan CPNS ini diklaim untuk memenuhi kebutuhan pegawai, terutama di bidang pendidikan dan kesehatan karena pada tahun depan banyak pegawai yang memasuki usia pensiun.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pegawai Kontrak Pemerintah Direkrut Mulai Januari 2019, Dibagi 2 Fase", https://nasional.kompas.com/read/2018/12/20/08503381/pegawai-kontrak-pemerintah-direkrut-mulai-januari-2019-dibagi-2-fase.
Penulis : Mela Arnani
Editor : Bayu Galih
Sementara itu, data yang diperoleh dari liputan6.com  rasio belanja pegawai di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) ‎yang kurang dari 50 persen sebanyak 300 pemerintah daerah (pemda). Yang sudah lampu kuning 50-60 persen di 177 daerah, dan 58 daerah sudah lampu merah karena rasio belanja PNS sudah lebih dari 60 persen.
Berikut daftar daerah yang mencatatkan rasio belanja PNS mencapai lebih dari 60 persen terhadap APBD, yakni : 

Kabupaten Bireuen, Kabupaten Karo, Kabupaten Langkat, Kabupaten Dairi, Kabupaten Tapanuli Utara, Kabupaten asahan, Kabupaten Serdang Bedagai, Kota Pematang Siantar, Kota Padangsidempuan, Kabupaten Bengkulu Selatan, Kota Bengkulu.
Kemudian Kabupaten Lampung Tengah, Lampung Utara, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Ciamis, Kota Tasikmalaya, Kabupaten Pemalang, Kabupaten Purworejo, ‎Kabupaten Kebumen, Kabupaten Klaten, Kabupaten Sragen, Kabupaten Sukoharjo, Kabupaten Karanganyar, Kabupaten Wonogiri, dan Kota Surakarta.
Selain itu, ada Kabupaten Ngawi, Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Pacitan, Kabupaten Minahasa, Kota Bitung, Kabupaten Wajo, Kabupaten Takalar, Kabupaten Soppeng, Kota Palopo, Kabupaten Buton Tengah, Kota Kendari.
Adapula Kabupaten Gianyar, Kabupaten Bangli, Kabupaten Tabanan, Kabupaten Lombok Tengah, Kabupaten Bima, Kabupaten Dompu, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Kota Kupang, Kabupaten Maluku Tengah, Kota Ambon, serta Kabupaten Polewali Mandar.

Daftar di atas adalah data sebelum Seleksi CPNS 2018 lalu dilaksanakan, ada beberapa Pemda di atas yang nyatanya tetap mendapat jatah formasi pada penerimaan CPNS 2018 lalu. Dengan tambahan formasi tersebut otomatis rasio belanja pegawai di daerah tersebut akan bertambah. Sehingga jika mengacu pada pernyataan Kepala BKN di atas maka daerah-daerah di atas berpotensi tidak mendapat jatah formasi PPPK ataupun CPNS 2019.

Demikian informasi ini kami bagikan, semoga bermanfaat. Terima kasih

0 Response to "Daftar Instansi yang Sulit dapat Jatah Formasi PPPK atau CPNS 2019"

Posting Komentar