Skema Baru Gaji Pensiun PNS Diberlakukan 2020, Mantan Pejabat Bisa Dapat Rp 20 Juta Perbulan


Pilahberita.com – Assalamualaikum Wr. Wb. Selamat malam sahabat pilahberita diseluruh indonesia. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan bahwa pemerintah tengah mengkaji skema baru untuk gaji bulanan pensiunan Pegawai Negeri Sipil (PNS), TNI, Polri, serta PNS Daerah.
Skema Baru Gaji Pensiun PNS Diberlakukan 2020, Mantan Pejabat Bisa Dapat Rp 20 Juta Perbulan
Skema gaji Pensiun PNS

Saat ini, pensiunan hanya mendapat gaji pokok (gapok) setiap bulannya. Kebijakan barunya, pensiunan akan mendapatkan gaji take home pay seperti yang diperolehnya saat masih berstatus PNS.

Sri Mulyani Indrawati mengatakan, skema tersebut akan dilakukan pemerintah agar para pensiunan bisa memperoleh manfaat yang lebih banyak dari saat ini.

“Jadi, ada pemikirian untuk bagaimana membuat pensiun dari PNS, TNI, Polri, termasuk PNS daerah untuk bisa diperbaiki dari sisi benefit atau manfaat yang diperoleh,” ujar Sri Mulyani di kantornya, Selasa (26/6/2018).

Agar supaya pemberian gaji pensiunan sesuai dengan take home pay tidak membebani APBN dan APBD, Menteri Sri Mulyani mengungkapkan, skema kontribusi PNS untuk gaji pensiunnya sedang dibicarakan oleh pemerintah.

Saat ini, skema gaji pensiun PNS sendiri adalah “kontribusi pasti” di mana PNS juga ikut iuran dana untuk uang pensiunannya.

“Dengan demikian, karena dihitung berdasarkan take home pay, maka kami berharap dari kalkulasinya akan bisa mendapatkan manfaatnya yang lebih sesuai,” jelasnya.

Sri Mulyani juga memastikan akan berkoordinasi dengan daerah karena implikasinya juga melibatkan APBD.

"Jadi tadi baru disampaikan konsep awalnya. Hitung-hitungan nanti akan kami presentasikan kepada kabinet lagi, dan bagaimana implikasinya kepada pengelolaan. Karena ada implikasi APBN dan APBD, kita perlu sampaikan ke daerah," jelasnya.

skema pensiun yang sedang  dilakukan finalisasi adalah pensiun skema fully funded. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Asman Abnur mengatakan, skema ini dipercaya bisa membuat sistem pensiun ini bisa lebih baik dan memberikan kebahagiaan bagi para ASN.

Untuk Gambaran Awal, skema pensiun fully funded ini nantinya iuran pensiun dibayarkan bersama-sama antara ASN dengan pemerintah selaku pemberi kerja. Oleh karena itu target dana pensiun yang diterima ASN bisa lebih besar dari yang sekarang.

Sebagai Informasi, dana pensiun saat ini dikelola oleh PT. Taspen. Menteri Asman memperkirakan bahwa dana pensiun yang akan diterima ASN dengan jabatan eselon I dapat mencapai Rp 20 juta per bulan dari sebelumnya yang hanya berjumlah Rp 4,5 - 5 juta.

Sumber : bangka.tribunnews.com
Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat untuk rekan-rekan sahabat pilahberita. Jangan lupa untuk like dan tinggalkan komentar juga bagikan ke yang lain ya. Terima kasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Skema Baru Gaji Pensiun PNS Diberlakukan 2020, Mantan Pejabat Bisa Dapat Rp 20 Juta Perbulan"

Posting Komentar