PILAHBERITA.COM Kabar Gembira untuk sahabat pilahberita.com yang termasuk honorer dan PTT. Pemerintah akan segera menyelesaikan revisi Undang-undang Aparatur Sipil Negara (ASN). Jika Undang-undang ASN telah rampung, maka Honorer dan PTT akan diangkat tanpa tes. Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) mengajukan usul inisiasi untuk merevisi Undang-Undang Aparatur Sipil Negara (ASN). Wakil Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR Arif Wibowo menyebut revisi ini adalah kabar gembira bagi pegawai honorer.
"Jadi begini, poin terpenting perubahan ini adalah, pertama, untuk menyelesaikan urusan tenaga honorer, PTT (pegawai tidak tetap), harian lepas, dan lain sebagainya. Pegawai yang bekerja di instansi pemerintah yang di atas 5 tahun yang statusnya tidak jelas diharapkan problem tersebut selesai," ujar Arif saat dikonfirmasi, Selasa (20/12/2016).
Sebelumnya, aturan mengenai PNS mengacu pada UU Pokok Kepegawaian No 43 Tahun 1999. Kemudian aparatur sipil negara diatur lebih spesifik dalam UU ASN No 5 Tahun 2014.
"Memang honorer sejak dahulu menjadi pijakan untuk menjadi PNS, tetapi pemerintah melakukan rekrutmen dengan mekanisme tes yang di luar kemampuannya," imbuh Arif.
Menurut dia, mekanisme tes yang selama ini dilakukan tak sesuai dengan posisi pegawai honorer tersebut. Sehingga sudah hampir pasti pegawai honorer kesulitan lulus tes.
"Untuk mentransformasikan mereka jadi PNS tanpa perlu tes. Semua orang bertanya, kenapa enggak perlu tes? Kalau tesnya seperti kemarin, sudah pasti mereka enggak lulus. Sebagian akan pensiun. Karena itu, negara harus menghargai jerih payah mereka, bahwa itu kesalahan masa lalu, aspek yang lain, negara harus hormati," ungkap Arif.
Arif juga berpendapat bahwa keunggulan para pegawai honorer itu sebetulnya adalah kesetiaan mereka untuk mengabdi. Sehingga tak perlu tes untuk menjadikan mereka sebagai PNS.
"Mereka kan mengabdi sudah lama, bahkan ada yang sudah hampir memasuki masa pensiun," kata Arif.
Dalam draf revisi UU ASN yang diperoleh, memang tak disebutkan secara rinci soal mekanisme tes. Di situ hanya disebutkan bahwa pemerintah harus mengangkat pegawai honorer jadi PNS dalam Pasal 131A sebagai berikut:

Pasal 131A
3a
(1) Tenaga honorer, pegawai tidak tetap, pegawai tetap non-PNS, dan tenaga kontrak yang bekerja terus-menerus dan diangkat berdasarkan surat keputusan yang dikeluarkan sampai dengan tanggal 15 Januari 2014, wajib diangkat menjadi PNS secara langsung dengan memperhatikan batasan usia pensiun sebagaimana dimaksud dalam Pasal 90.
(2) Pengangkatan PNS sebagaimana dimaksud pada ayat (1) didasarkan pada seleksi administrasi berupa verifikasi dan validasi data surat keputusan pengangkatan.
(3) Pengangkatan PNS sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilakukan dengan memprioritaskan mereka yang memiliki masa kerja paling lama dan bekerja pada bidang fungsional, administratif, pelayanan publik antara lain pada bidang pendidikan, kesehatan, penelitian, dan pertanian.
(4) Pengangkatan PNS sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilakukan dengan mempertimbangkan masa kerja, gaji, ijazah pendidikan terakhir, dan tunjangan yang diperoleh sebelumnya.
(5) Tenaga honorer, pegawai tidak tetap, pegawai tetap non-PNS, dan tenaga kontrak diangkat menjadi PNS oleh pemerintah pusat.

FOLLOW BERITA PNS DAN GURU DISINI : 
(6) Dalam hal tenaga honorer, pegawai tidak tetap, pegawai tetap non-PNS, dan tenaga kontrak, tidak bersedia diangkat menjadi PNS sebagaimana dimaksud pada ayat (1) harus membuat surat pernyataan ketidaksediaan untuk diangkat sebagai PNS.
Sumber : news.detik.com
Demikian berita dan informasi yg dapat redaksi PILAHBERITA.COM bagikan, semoga bermanfaat untuk bapak dan ibu dan sahabat Pilahberita.com terutama honorer dan PTT. Mari kita bersama-sama erdoa agar Undang-undang ASN cepat selesai direvisi sehingga honorer dan PTT dapat diangkat tanpa Tes. 

38 komentar

Amin. Mudah2an ap yg kta inginkan bersama dpt berjaln lancar

Aaahhhh masih dalam proses paling Rampungnya 5 tahun lagi, itupun kalau yg mengurusnya gesit alias ngotot...
Kalau revisi UU ASN itu sah, apa cukup APN nya utk sekian puluh ribu PNS baru....
Logika Saya masih belum percaya kalau revisi UU ASN itu akan di SAH kan.

Amiin.. semoga saja benar adanya.. biar suami saya di angkat jadi PNS yg sudah mengabdi selama kurang lebih 10 tahun di direktorat tindak pidana narkoba bareskrim polri.

Apkah termasuk pasukan kuning dinas kebersihan how nasib mereka

Apkah termasuk pasukan kuning dinas kebersihan how nasib mereka

Aamiin..
Aamiin..
Aamiin Ya Rabbal Aalamiin..

amin mudah2 saya juga termasuk di dalam pengangkatan itu.
karena sdah 7 th saya mengabdi menjadi honorer.

Amin ya Alloh.mudah2an dpt segera di terealisasi dan segera diterapkan.

Amin ya allah semoga terealisasi segera oleh pemerintah karena istri saya sdh mengabdi 10 tahun dan dl dicurangkan dengan adanya pengangkatan honorer siluman dan harus bayar mahal.tolong indonesiaku bersih lah dari hal2 yg merugikan orang lain

amien..mudah2an informasi nya benar....doa orang sabar pasti di ijabah oleh Allah SWT.

Semoga bukan berita Hoak....

Optimis dan berbaik sangka aja...semoga benar berita diatas tsb..

Jangan mau di bohongi pakai uu asn,,broow

Pasukan nasi bungkus,he

Apakah berlaku untuk qt yg mengabdi di sekolah swasta?? Hampir 13th sy d SD Muhammadiyah lombok timur n Alhamdulillah sdh sertifikasi

Apakah berlaku untuk qt yg mengabdi di sekolah swasta?? Hampir 13th sy d SD Muhammadiyah lombok timur n Alhamdulillah sdh sertifikasi

aminnnamin smoga betul terlaksana.. karna ayah saya sdh punya nuptk dan sdh mngabdi slama 25 tahun tapi blum trangkat juga..

AMIN MOGA CEPAT-CEPAT TEREALISASI,SAYA SUDAH MENGABDI DISMK N2 PARIAMAN SUMBAR, BAGIAN ADMINISTRASI /TATA USAHA SELAMA 11 TAHUN,,MUDAH-MUDAHAN ALLAH MENJABBAH DOA KITA YA TEMAN-TEMAN...AMIN

kayak u hoak ini belum pernah denger berita

sy sdh 11 thn ..apa ini bisa dipercaya
.kadang harapan sdh punah..smg sj ini tdk hoax..

Semoga tdk seperti ramalan kiamat 2012..

Semoga tidak seperti ramalan kiamat 2012..

Semoga tdk seperti ramalan kiamat 2012..

pngabdian Tenaga kontrak Sukarela gmana nih...

Amiin.. mudah-mudahan cpt terealisasi krn saya sdh 10 thn lbh menjadi honorer.

Semoga berita ini benar dan secepatnya diangkat jadi PNS.

Amin ... Mudah2an ini segera terealisasi..sy adh dr 2008 honor tata usaha disekolah..semoga berita ini tidak sekedar angin sorga saja.

honor diluar pemda gmn nasibnya y?


EmoticonEmoticon