REVISI UU ASN : MULAI 2017, PEGAWAI HONORER DAN PTT DIANGKAT PNS TANPA TES !!

PILAHBERITA.COM Kabar Gembira untuk sahabat pilahberita.com yang termasuk honorer dan PTT. Pemerintah akan segera menyelesaikan revisi Undang-undang Aparatur Sipil Negara (ASN). Jika Undang-undang ASN telah rampung, maka Honorer dan PTT akan diangkat tanpa tes. Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) mengajukan usul inisiasi untuk merevisi Undang-Undang Aparatur Sipil Negara (ASN). Wakil Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR Arif Wibowo menyebut revisi ini adalah kabar gembira bagi pegawai honorer.
"Jadi begini, poin terpenting perubahan ini adalah, pertama, untuk menyelesaikan urusan tenaga honorer, PTT (pegawai tidak tetap), harian lepas, dan lain sebagainya. Pegawai yang bekerja di instansi pemerintah yang di atas 5 tahun yang statusnya tidak jelas diharapkan problem tersebut selesai," ujar Arif saat dikonfirmasi, Selasa (20/12/2016).
Sebelumnya, aturan mengenai PNS mengacu pada UU Pokok Kepegawaian No 43 Tahun 1999. Kemudian aparatur sipil negara diatur lebih spesifik dalam UU ASN No 5 Tahun 2014.
"Memang honorer sejak dahulu menjadi pijakan untuk menjadi PNS, tetapi pemerintah melakukan rekrutmen dengan mekanisme tes yang di luar kemampuannya," imbuh Arif.
Menurut dia, mekanisme tes yang selama ini dilakukan tak sesuai dengan posisi pegawai honorer tersebut. Sehingga sudah hampir pasti pegawai honorer kesulitan lulus tes.
"Untuk mentransformasikan mereka jadi PNS tanpa perlu tes. Semua orang bertanya, kenapa enggak perlu tes? Kalau tesnya seperti kemarin, sudah pasti mereka enggak lulus. Sebagian akan pensiun. Karena itu, negara harus menghargai jerih payah mereka, bahwa itu kesalahan masa lalu, aspek yang lain, negara harus hormati," ungkap Arif.
Arif juga berpendapat bahwa keunggulan para pegawai honorer itu sebetulnya adalah kesetiaan mereka untuk mengabdi. Sehingga tak perlu tes untuk menjadikan mereka sebagai PNS.
"Mereka kan mengabdi sudah lama, bahkan ada yang sudah hampir memasuki masa pensiun," kata Arif.
Dalam draf revisi UU ASN yang diperoleh, memang tak disebutkan secara rinci soal mekanisme tes. Di situ hanya disebutkan bahwa pemerintah harus mengangkat pegawai honorer jadi PNS dalam Pasal 131A sebagai berikut:

Pasal 131A
3a
(1) Tenaga honorer, pegawai tidak tetap, pegawai tetap non-PNS, dan tenaga kontrak yang bekerja terus-menerus dan diangkat berdasarkan surat keputusan yang dikeluarkan sampai dengan tanggal 15 Januari 2014, wajib diangkat menjadi PNS secara langsung dengan memperhatikan batasan usia pensiun sebagaimana dimaksud dalam Pasal 90.
(2) Pengangkatan PNS sebagaimana dimaksud pada ayat (1) didasarkan pada seleksi administrasi berupa verifikasi dan validasi data surat keputusan pengangkatan.
(3) Pengangkatan PNS sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilakukan dengan memprioritaskan mereka yang memiliki masa kerja paling lama dan bekerja pada bidang fungsional, administratif, pelayanan publik antara lain pada bidang pendidikan, kesehatan, penelitian, dan pertanian.
(4) Pengangkatan PNS sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilakukan dengan mempertimbangkan masa kerja, gaji, ijazah pendidikan terakhir, dan tunjangan yang diperoleh sebelumnya.
(5) Tenaga honorer, pegawai tidak tetap, pegawai tetap non-PNS, dan tenaga kontrak diangkat menjadi PNS oleh pemerintah pusat.

FOLLOW BERITA PNS DAN GURU DISINI : 
(6) Dalam hal tenaga honorer, pegawai tidak tetap, pegawai tetap non-PNS, dan tenaga kontrak, tidak bersedia diangkat menjadi PNS sebagaimana dimaksud pada ayat (1) harus membuat surat pernyataan ketidaksediaan untuk diangkat sebagai PNS.
Sumber : news.detik.com
Demikian berita dan informasi yg dapat redaksi PILAHBERITA.COM bagikan, semoga bermanfaat untuk bapak dan ibu dan sahabat Pilahberita.com terutama honorer dan PTT. Mari kita bersama-sama erdoa agar Undang-undang ASN cepat selesai direvisi sehingga honorer dan PTT dapat diangkat tanpa Tes. 

Subscribe to receive free email updates:

103 Responses to "REVISI UU ASN : MULAI 2017, PEGAWAI HONORER DAN PTT DIANGKAT PNS TANPA TES !!"

  1. Amin. Mudah2an ap yg kta inginkan bersama dpt berjaln lancar

    BalasHapus
  2. Aaahhhh masih dalam proses paling Rampungnya 5 tahun lagi, itupun kalau yg mengurusnya gesit alias ngotot...
    Kalau revisi UU ASN itu sah, apa cukup APN nya utk sekian puluh ribu PNS baru....
    Logika Saya masih belum percaya kalau revisi UU ASN itu akan di SAH kan.

    BalasHapus
  3. Amiin.. semoga saja benar adanya.. biar suami saya di angkat jadi PNS yg sudah mengabdi selama kurang lebih 10 tahun di direktorat tindak pidana narkoba bareskrim polri.

    BalasHapus
  4. Apkah termasuk pasukan kuning dinas kebersihan how nasib mereka

    BalasHapus
  5. Apkah termasuk pasukan kuning dinas kebersihan how nasib mereka

    BalasHapus
  6. Aamiin..
    Aamiin..
    Aamiin Ya Rabbal Aalamiin..

    BalasHapus
  7. amin mudah2 saya juga termasuk di dalam pengangkatan itu.
    karena sdah 7 th saya mengabdi menjadi honorer.

    BalasHapus
  8. Amin ya Alloh.mudah2an dpt segera di terealisasi dan segera diterapkan.

    BalasHapus
  9. Amin ya allah semoga terealisasi segera oleh pemerintah karena istri saya sdh mengabdi 10 tahun dan dl dicurangkan dengan adanya pengangkatan honorer siluman dan harus bayar mahal.tolong indonesiaku bersih lah dari hal2 yg merugikan orang lain

    BalasHapus
  10. amien..mudah2an informasi nya benar....doa orang sabar pasti di ijabah oleh Allah SWT.

    BalasHapus
  11. Semoga bukan berita Hoak....

    BalasHapus
  12. Optimis dan berbaik sangka aja...semoga benar berita diatas tsb..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Smoga sja btull,,jgn smpe bt hanyalan non pns

      Hapus
  13. Jangan mau di bohongi pakai uu asn,,broow

    BalasHapus
  14. Apakah berlaku untuk qt yg mengabdi di sekolah swasta?? Hampir 13th sy d SD Muhammadiyah lombok timur n Alhamdulillah sdh sertifikasi

    BalasHapus
  15. Apakah berlaku untuk qt yg mengabdi di sekolah swasta?? Hampir 13th sy d SD Muhammadiyah lombok timur n Alhamdulillah sdh sertifikasi

    BalasHapus
  16. aminnnamin smoga betul terlaksana.. karna ayah saya sdh punya nuptk dan sdh mngabdi slama 25 tahun tapi blum trangkat juga..

    BalasHapus
  17. AMIN MOGA CEPAT-CEPAT TEREALISASI,SAYA SUDAH MENGABDI DISMK N2 PARIAMAN SUMBAR, BAGIAN ADMINISTRASI /TATA USAHA SELAMA 11 TAHUN,,MUDAH-MUDAHAN ALLAH MENJABBAH DOA KITA YA TEMAN-TEMAN...AMIN

    BalasHapus
  18. kayak u hoak ini belum pernah denger berita

    BalasHapus
  19. sy sdh 11 thn ..apa ini bisa dipercaya
    .kadang harapan sdh punah..smg sj ini tdk hoax..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau menurut sekertaris di dinas yg saya kerja sekarang memang betul itu berita. tetapi masih ada yg perlu di revisi termasuk masalah kenaikan pangkat. kata"nya p3k ASN tidak ada kenaikan pangkat berkala

      Hapus
  20. Semoga tdk seperti ramalan kiamat 2012..

    BalasHapus
  21. Semoga tidak seperti ramalan kiamat 2012..

    BalasHapus
  22. Semoga tdk seperti ramalan kiamat 2012..

    BalasHapus
  23. pngabdian Tenaga kontrak Sukarela gmana nih...

    BalasHapus
  24. Amiin.. mudah-mudahan cpt terealisasi krn saya sdh 10 thn lbh menjadi honorer.

    BalasHapus
  25. Semoga berita ini benar dan secepatnya diangkat jadi PNS.

    BalasHapus
  26. Amin ... Mudah2an ini segera terealisasi..sy adh dr 2008 honor tata usaha disekolah..semoga berita ini tidak sekedar angin sorga saja.

    BalasHapus
  27. honor diluar pemda gmn nasibnya y?

    BalasHapus
  28. Apakah yang termaksud mereka tenaga nonorer non K3 ( nonorer yg tdk masuk k2) yg benar2 sdh mengabdi lama di dinas pemerintahan tpi tdk terkaper di k2. Jujur saja gonorer k2 Bnyk yg siluman.

    BalasHapus
  29. Para pemimpin negara tolong diperhatikan juga nasib honorer non kategori. Yg sebenar mengabdi tpi tdk diperhatikan.

    BalasHapus
  30. Amin saya udah dua ratus tahun mengabdi di dunia ini....

    BalasHapus
  31. Masalah umur bagaimana apakah ada batas maxsimalnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. denger" sih gak ada batasan umur cuman untuk masalah pensiun gak ada kek nya

      Hapus
  32. mbok gua 20 tahun mengabdi, alhamdulillah kalo tercapai, amin

    BalasHapus
  33. Amin semoga cepat terwujud
    Dan bukan php saja

    BalasHapus
  34. wah ini gak adil cuma modal mengabdi langsung diangkat, padahal yang jadi honorer hanya seputar orang orang terdekat pejabat, dan diluar mereka berebut kursi lewat ujian saringan yang ketat

    BalasHapus
  35. Mencermati kondisi dan sering beeubahnya regulasi, maka perlu tim verifikasi yg benar-benar profesional.. Atau paling tidak tim di siapkan dr pusat. Jika rancangan Revisi di sahkan. Asalkan jangan perubahan ini syarat dg kepentingan politik. Jika tdk maka dipastikan angka PTT bodong semakin bertambah. Dengan kondisi yg demikian instansi teknis yg mengelola akan mendapat hambatan karena terlalu kerasnya arus intervensi politik.

    #Huff katanya Moratorium..
    #Pegawai sj bnyk yg nganggur..
    #Kapan Majunya Indonesia, jika regulasi di Negara ini buat untuk menGOlkan kepentingan tertentu

    BalasHapus
  36. Amin...
    mugi gusti paring idi...

    BalasHapus
  37. Tolong lah pak secepat nya...ibu saya sudah mengabdi selama 7 tahun sebagai honor .guru sekolah dasar di samosir.sampai sekarang blom ada
    jelasnya gimana...!!!

    BalasHapus
  38. Tolong lah pak secepat nya...ibu saya sudah mengabdi selama 7 tahun sebagai honor .guru sekolah dasar di samosir.sampai sekarang blom ada
    jelasnya gimana...!!!

    BalasHapus
  39. Secepat nya lah...ibu saya sudah 8 tahun honor...sekarang gak ada kepastian..berhenti jadi guru...

    BalasHapus
  40. Amiiiiiii....moga cepat terlakdsna

    BalasHapus
  41. Amin, moga aja perubahan UU ASN dapat dilaksanakan dalam tahun ini. Amin

    BalasHapus
  42. amin3 yarobb smoga allah melancarkan smuanya

    BalasHapus
  43. Honorer yang masakerjanya dari tahun 2004, bahkan ada yang masa kerjanya tahun 2002, mereka lebih berhak mendapat SK PNS lebih dulu ketimbang honorer bodong.

    BalasHapus
  44. amin ya allah,,.. lancarkanlah dan mudahkanlah semuanya ya rabb,..

    BalasHapus
  45. Semoga ajah gaa per 15januari 2014 ya allah kalo emng bener tuh semogaa ajah allah berikan kemudahan dalam urusan kukepikiran

    BalasHapus
  46. Alhamdulillah... saya sangat senang membacanya... ini adalah doa kita para honorer..Semoga apa yang direncanakan terkabul..
    dan semoga pada tahap penyeleksian tidak ada lagi manipulasi data sehingga yg seharusnya di terima menjadi PNS karena adanya "titipan" menjadi tersingkir..

    BalasHapus
  47. Amiin ya allah semoga ini betul betul nyata saya sudah 11 tahun menjadi tenaga harian lepas

    BalasHapus
  48. Belum bisa di yakini benar

    BalasHapus
  49. YANG TERJADI SAAT INI JUSTRU REVISI BELUM CLEAR NAMUN , KAB. BLITAR JUSTRU SUDAH PROSES PEMBERKASAN 22 bidan ptt Dengan klasifikasi usia maks 35 tahun, bukan kepada masa pengabdian......seng tuwek minggir...seng mengabdi suweee minggiiirrr...terus dimana letak keadilan bagi pengabdi negara....

    BalasHapus
  50. Saya tidak mengharapkan janji manusia karena itu akan mengecewakan hidup saya...

    Tidak terasa ternyata smpai detik ini saya baru menyadari klo sudah 9thn saya membantu negara dg segenap tenaga juga pikiran saya meskipun tidak ada gaji yg layak untuk saya. Sya hanya berpegang pada Janji Tuhan dan itu terbukti bahwa sampai detik ini juga saya tidak mengalami kekurangan yang sampai membuat saya jatuh terpuruk. Saya hanya bisa berdoa semoga apa yg di perjuangkan oleh orang 2 yg peduli dg teman2 seperjuangan dg saya disertai Tuhan. Selanjutnya Hasil Terbaik itu Adalah Kehendak Tuhan.

    BalasHapus
  51. Saya tidak mengharapkan janji manusia karena itu akan mengecewakan hidup saya...

    Tidak terasa ternyata smpai detik ini saya baru menyadari klo sudah 9thn saya membantu negara dg segenap tenaga juga pikiran saya meskipun tidak ada gaji yg layak untuk saya. Sya hanya berpegang pada Janji Tuhan dan itu terbukti bahwa sampai detik ini juga saya tidak mengalami kekurangan yang sampai membuat saya jatuh terpuruk. Saya hanya bisa berdoa semoga apa yg di perjuangkan oleh orang 2 yg peduli dg teman2 seperjuangan dg saya disertai Tuhan. Selanjutnya Hasil Terbaik itu Adalah Kehendak Tuhan.

    BalasHapus
  52. Mudah2an secepatnya terealisasi..apalagi saya skrg sdh 17 tahun ttp juga blm diangkat..

    BalasHapus
  53. Ubah sistem kerja PNS dulu baru ada pengadaan rekrutmen/pengangkatan. Biar PNS rajin buat sperti sistem kerja swasta *tdk kerja tdk digaji. Biar berkah dn rakyat tdk sia2 menggajinya!!!

    BalasHapus
  54. Di Aceh banyak para honorertapi gk diangkat PNS sudah lebih 3tahun,ada 8 tahunan,...Bahkan di Aceh besar honor kpntrak hanya di gaji 1,2juta perbulan.Yang sangat menyakitkan mereka pada saat awal tahun 2015 dan 2016 gaji mereka di tunda tidak di bayar selama 4 bulan lebih,..jelas penganiayaan.Demikian juga 2017 ini honor kontrak sampai hari ini belum di bayarkan.Bagaimana penderitaan para honor kontrak di lingkungan Aceh Besar mwnahan lapar ditengah harga kebutuhan hidup makin menanjak.salam dari Janthoe

    BalasHapus
  55. Di Aceh banyak para honorertapi gk diangkat PNS sudah lebih 3tahun,ada 8 tahunan,...Bahkan di Aceh besar honor kpntrak hanya di gaji 1,2juta perbulan.Yang sangat menyakitkan mereka pada saat awal tahun 2015 dan 2016 gaji mereka di tunda tidak di bayar selama 4 bulan lebih,..jelas penganiayaan.Demikian juga 2017 ini honor kontrak sampai hari ini belum di bayarkan.Bagaimana penderitaan para honor kontrak di lingkungan Aceh Besar mwnahan lapar ditengah harga kebutuhan hidup makin menanjak.salam dari Janthoe

    BalasHapus
  56. AMIN. SEMOGA YANG DIUTAMAKAN YANG UMUR DIATAS 35 TAHUN, ATAU PALING LAMA MENGABDI, AMIN YA ALLAH

    BalasHapus
  57. AMIN SEMOGA YANG DIUTAMAKAN YAANG PALING LAMA MENGABDI TANPA MELIHAT BATAS USIA

    BalasHapus
  58. sy sudah 12 tahun mengabdi di SD Negeri 104270 Desa Sukasari Kec.Pegajahan Sergai SUmut, tolong petinggi negaa perhatiakn kami ini

    BalasHapus
  59. Alhamdulillah....... Aamiin...... Yra semoga ALLAH SWT melindungi kita semua.

    BalasHapus
  60. walau bagaimana pun baiknya bentuk revisi undang-undang itu, hanya orang-orang penting dari pejabat saja yang bisa masuk walau usia baru seumur tomat

    BalasHapus
  61. Hoax bro kawan semua itu beritanya mana ada siapa ya gaji ratusan ribuan honor di angkat jadi pns saya aja udah 6 tahun honor tak pernah jelas. Gaji tak jelas malah di kurangi tambah parah malah sekarang ini info nya kami mau di berhentikan karena ada undang undang pemerintah ya tidak bole h ada honor di tiap instansi pemerintah nasib nasib kita mengabdi pada negara ini tak ada jerih payah pemerintah utuk mengutamakan tenaga honor.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar mas, sepertinya isu,
      Honorer banyak dirumahkan, gaji ku pun dipotong dan dikurangi sebulan,

      Hapus
    2. Benar, banyak dirumahkan, gaji kepotong dan dikurangi sebulan. Padahal udh 8th ngabdi.

      Hapus
  62. Aamiin semoga.. saya..dan kawan kawan..2007 cpt d angkat pns.. kl d angkat nabung buat naik haji

    BalasHapus
  63. Mudah"n pemerintah gak tebang pilih untuk pengangkatan pns

    BalasHapus
  64. Revisi penghapusan KASN yang kok gak di singgung ya sama DPR nya... Padahal ada 18 pasal yang akan di hapus berkenaan dengan revisi ini, doble agenda.... Hahahahahha

    BalasHapus
  65. Amiiiin ya Rabbalalamin..semoga apa yg saya dan tenaga honor harapkan dapat tercapai ya Allah.. Amiiin..

    BalasHapus
  66. Amin y robbal'alamin, semoga kami tenaga honorer kota Medan diangkat menjadi PNS tahun 2017

    BalasHapus
  67. Amin y robbal'alamin, semoga kami tenaga honorer kota Medan diangkat menjadi PNS tahun 2017

    BalasHapus
  68. masih dipertanyakan ........ sekarang status peserta ujian penerimaan pns yang lulus ujian tahun 2010 dan 2012 (kab kubu raya - Kalimantan barat) belum ada kepastiN akan diangkat atau tidak.

    BalasHapus
  69. Maju terus abang-abang di DPR perjaungkan nasib kami ribuan tenaga honorer yang berbagai kategori untuk meraih mimpinya jadi PNS. Semoga Allah Melindungimu

    BalasHapus
  70. Amin ya robbal'alamin...
    Terimakasih kepada Bapak/Ibu DPR-RI dan anggota terkait yg telah memperjuangkan nasib honorer/PTT di indonesia.. Semoga surat keputusan tentang pengangkatan honorer/PTT cepat rampung dan ditandatangan oleh Bapak Presiden Republik Indonesia. Amin

    BalasHapus
  71. Semoga berita ini benar adanya...dan dimudahkan oleh ALLAH SWT segala urusan kami...amiiin

    BalasHapus
  72. Semoga berita ini benar adanya...dan dimudahkan oleh ALLAH SWT segala urusan kami...amiiin

    BalasHapus
  73. Uu ini bisa brlaku kalau tenga PNS usia 55 thn pemsiun massal...Sebuah wacana yg sangat menghibur tenaga PTT di seluruh Indonesia, namun mustahil untuk bisa realisasi.....

    BalasHapus
  74. Sudah tidak berminat jadi PNS

    BalasHapus