Pilahberita.com – Assalamualaikum Wr. Wb. Selamat malam bapak dan Ibu Guru, PNS serta teman-teman sahabat Pilahberita lainnya dimanapun berada. Salam hangat dan sejahtera untuk kita semua. Pada malam hari ini redaksi Pilahberita hadir dengan informasi tentang Mulai Tahun 2017 Gaji Akan Disetarakan Sesuai Umk, simak info selengkapnya dibawah ini...
Bandung, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengatakan, mulai 2017, gaji guru honorer sekolah menengah atas (SMA) negeri di Jawa Barat dibayar setara upah minimum kabupaten dan kota (UMK).
KABAR GEMBIRA LAGI UNTUK HONORER KHUSUSNYA GURU, MULAI TAHUN 2017 GAJI AKAN DISETARAKAN SESUAI UMK
“Sekarang gak jelas patokannya. Lebih baik mengacu UMK,” ujarnya Senin, 3 Oktober 2016.
Menurut gubernur yang lebih dikenal dengan sapaan Aher itu, kebijakan tersebut bersamaan dengan berpindahnya pengelolaan SMA dan SMK negeri dari pemerintah kabupaten dan kota ke pemerintah provinsi.
Aher menjelaskan, mengacu UMK menjadi pilihan membayar gaji guru honorer kendati tiap daerah akan menerima jumlah yang berbeda sesuai besaran upah masing-masing daerah. Gaji guru honorer di Bekasi berbeda dengan di Sukabumi. “Mengacu pada UMK akan lebih adil,” ujarnya.
Aher mengatakan, sesuai catatan sementara di Jawa Barat terdapat 20.093 guru honorer yang mengajar di SMA/SMK negeri. Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan memverifikasi mereka sebelum diberikan gaji setara UMK. Masa pengabdian para guru honorer, menjadi salah satu pertimbangan.
Aher mengatakan ada syarat yang diberikan kepada guru honorer agar menerima gaji setara UMK itu. “Beban mengajarnya minimal setara dengan guru-guru PNS, yakni 24 jam seminggu,” ucapnya.
Selain digaji setara UMK, guru honorer yang mengajar di daerah terpencil akan mendapat Tunjangan Kemahalan. Namun, mulai diberikan pada 2018. “Istilah undang-undangnya begitu. Artinya wajar kalau tunjangan guru yang ngajar di Bandung lebih kecil dibandingkan yang ngajar di Pameungpeuk,” tuturnya.
Adapun guru dan tenaga administrasi pendidik SMA/SMK yang berstatus PNS dijanjikan Aher akan mendapat tunjangan. Namun, dia masih merahasiakan penghitungan tunjangan itu. Saat ini, di seluruh Jawa Barat terdapat 27.277 orang guru PNS dan tenaga administrasi pendidikan.
DOWNLOAD APLIKASI BERITA PNS DAN GURU LANGSUNG DI HP ANDA UNTUK DAPATKAN INFORMASI TERBARU DARI KAMI SEPUTAR BERITA PNS DAN GURU DISINI >> play.google.com/BeritaPNSdanGuru
Aher mengatakan pemberian tunjangan lebih besar akan diberikan kepada guru dan kepala sekolah yang bersedia mengajar di daerah terpencil.
Kepala sekolah yang sudah dua kali menjabat, jika ingin tetap menjadi kepala sekolah akan ditawari memimpin sekolah di daerah terpencil. “Terutama yang masih berusia muda, kami tawarkan kepada mereka agar mau bertugas di tempat yang jauh untuk mendorong kualitas pendidikan di sana,” kata Aher.
Demikian Berita dan informasi yang dapat redaksi Pilahberita bagikan pada malam hari ini. Semoga bermanfaat untuk bapak dan ibu. Jika berkenan mohon dibagikan ya beritanya dan berikan komentar di kolom komentar dibawah ini. Terima kasih karena telah tetap setia bersama Pilahberita.com, situs berita resmi PNS dan Guru, terbaru, terupdate dan terpercaya di Indonesia.


EmoticonEmoticon