Assalamualaikum Wr. Wb. Selamat malam sahabat Pilah Berita dimanapun berada, salam sejahtera untuk kita semua,.
Ini kabar gembira bagi para Pegawai Negeri Sipil Kabupaten Kotawaringin Timur. Para abdi negara itu akan semakin kaya karena tunjangan daerah meningkat beberapa kali lipat.
Hal itu akan terwujud mulai tahun anggaran 2017 nanti. Ketua DPRD Kotim Jhon Krisli mengatakan, rencana kenaikan tunjangan itu mulai dibahas secara internal di Komisi I DPRD Kotim.
”Memang rencana kami seperti itu. Jadi, PNS di Kotim mulai dari staf sampai eselon dua ada penambahan tunjangan daerah yg bersumber dari APBD Kotim,” kata Jhon di laman Radar Sampit, Selasa (12/7).
Menurutnya, penambahan tunjangan tersebut tidak akan menganggu anggaran lain dalam APBD. Pihaknya berkomitmen tidak akan memotong anggaran pembangunan.
Pemangkasan hanya dilakukan pada anggaran perjalanan dinas di semua SKPD yg besarannya di bawah 60 persen. Sebagian besar perjalanan dinas dinilai kurang efektif dan tidak berimplikasi pada kinerja pelayanan publik.
”Saat ini APBD Kotim itu membayar di kisaran Rp 130 miliar untuk biaya perjalanan dinas di semua SKPD dan instansi terkait di bawah naungan Pemkab Kotim. Jadi, anggaran itu yg dialihkan untuk membayar tunjangan PNS. Saya tegaskan lagi, ini tidak akan mengganggu pos anggaran yg diporsikan untuk masyarakat,” kata Jhon.
Jhon melanjutkan, penambahan tunjangan itu bertujuan memacu semangat dan etos kerja PNS. Apabila kinerja PNS di bawah standar, maka sanksi yg diberikan berupa pemotongan tunjangan daerah, bahkan bisa tidak dibayarkan.
”Dari pandangan kami, anggaran besar hanya untuk perjalanan dinas. Lebih baik sekalian digunakan untuk bayar tunjangan saja dan implikasinya adalah peningkatan kinerja di semua jajaran dan lini,” tuturnya.
Terpisah, Ketua Komisi I Handoyo J Wibowo mengatakan, pihaknya tengah mempersiapkan rapat koordinasi untuk membahas hal tersebut. Pihaknya bersama eksekutif akan merumuskan formulasi untuk peningkatan tunjangan agar tidak menyalahi aturan.
Menurut Handoyo, besaran kenaikan tunjangan yg direncakan masih belum berupa angka pasti. Bisa saja menyesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah.
”Tetapi itu belum masuk gaji pokok. Kita hanya bicarakan soal tunjangan daerah yg jadi wewenang daerah saja dulu. Jadi, kalau tunjangan Rp 10 juta, gaji pokok Rp 3 juta, totalnya mereka dapat Rp 13 juta,” tandasnya.
Demikian informasi terkait kabar gembira untuk PNS yg dapat kami bagikan hari ini. Semoga bermanfaat ya.. terima kasih atas kunjungannya..

Kata kunci : gaji pns, kenaikan gaji pns, gaji honorer, cpns, tunjangan pns, gaji ke 13 pns


EmoticonEmoticon