ATURAN BARU !! Seluruh Sekolah Diminta Terapkan One Stop Service Toilet

Pilahberita.com - Selamat Siang bapak dan ibu Guru seluruh Indonesia. Salam sejahtera untuk kita semua. Siang hari ini Plah Berita hadir dengan informasi terkait Aturan Baru KemenPAN-RB terkait Inovasi One Sop Service Toilet yang akan diharuskan di semua sekolah, mari yuk simak berita lengkapnya...
Inovasi One Stop Service Toilet (OSST) yang diterapkan SMKN 3 Wonosari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta menarik hati Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi.
Tidak tanggung-tanggung, Yuddy langsung memerintahkan Deputi Pelayanan Publik Diah Natalisa agar inovasi tersebut direplikasikan di seluruh sekolah, khususnya untuk SLTP dan SLTA, yang memiliki siswa perempuan sudah haid.
"Ini idenya (OSST) sederhana dan tidak membutuhkan dana besar, teknologi canggih. Saya optimis semua sekolah bisa mereplikasi inovasi dari SMKN3 Wonosari ini," kata Menteri Yuddy saat blusukan ke Gunung Kidul, Selasa (19/4).
Bupati Gunung Kidul Badingah mengatakan, inovasi ini sudah direplikasi di 10 sekolah, Kabupaten Gunung Kidul.  Inovasi One Stop Service Toilet (OSST) diterapkan di SMKN 3 Wonosari, dengan komposisi pelajar 574 siswi dan 388 siswa. 
"OSST ini merupakan program pelayanan terpadu bagi siswa, guru dan karyawati dalam meningkatkan kepedulian terhadap kesehatan reproduksi," ujarnya.
Dijelaskan Badingah, inovasi ini dilatarbelakangi kepedulian pelajar terhadap kebersihan toilet dan kesehatan reproduksi masih rendah.
Siswi mempunyai kebutuhan yang lebih kompleks, tidak sekadar buang air besar maupun kecil, tapi juga kebutuhan ektra menggunakan toilet secara rutin setiap bulan ketika mereka sedang haid.
Siswi tersebut sering mengalami kesulitan dan merasa malu, akhirnya pulang ke rumah, tidak mengikuti kegiatan belajar mengajar pada jam berikutnya. Mereka juga tidak memahami kesehatan reproduksi yang berakibat pada kasus kehamilan remaja. 
"Inovasi ini tidak hanya memenuhi kebutuhan siswi haid, tetapi juga edukasi berupa ceramah umum dan coaching clinic kesehatan remaja," terangnya. 
Sumber : www.jpnn.com

eDemikian berita dan informasi terkait Inovasi One Sop Service Toilet yang diharuskan di semua sekolah, semoga bermanfaat.. jangan lupa dibagikan dan dilike fanspage facebook kami ya KUKUTIP untuk dapatkan berita seputar Guru dan PNS langsung dari Beranda Facebook bapak dan ibu. Wassalam...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "ATURAN BARU !! Seluruh Sekolah Diminta Terapkan One Stop Service Toilet"

Posting Komentar