MULAI 2018, GAJI PNS NAIK HINGGA 14 JUTA PER BULAN

Pilahberita.com – Assalamualaikum Wr. Wb. Selamat Pagi bapak dan ibu sahabat Berita PNS Terbaru seluruh indonesia yang berbahagia. Salam hangat dan sejahtera untuk kita semua. Pada Kesempatan Kali ini Redaksi Berita PNS Terbaru hadir dengan Berita seputar gaji para PNS yang kami bagikan kepada rekan-rekan pengunjung khususnya para PNS di tanah air. Kemenko Polhukam mendukung penuh usulan gaji pokok Pegawai Negeri Sipil sebesar Rp 14 juta pada tahun 2018 nanti.
MULAI 2018, GAJI PNS NAIK HINGGA 14 JUTA PER BULAN
Kenaikan Gaji PNS
"Diharapkan dengan adanya kenaikan gaji tentunya harus diimbangi dengan kinerja yang lebih baik lagi," ujar Deputi VII Menko Polhukam Bidang Koordinasi Komunikasi, Informasi, dan Aparatur (Kominfotur) Marsda TNI Agus Barnas, Selasa (20/10).
Dalam mengimbangi kinerja PNS, sambung Agus, Kemenko Polhukam, akan mengikuti standar yang diberikan oleh program reformasi birokrasi.
Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokasi sudah merampungkan draf peraturan pemerintah (PP) tentang sistem gaji dan tunjangan untuk pegawai negeri sipil. Rencananya, sistem penggajian baru ini akan efektif berlaku mulai 2018.
Sesuai amanat UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, rumusan upah yang diterima bagi PNS alias take home pay hanya akan terdiri dari tiga komponen, yakni gaji pokok, tunjangan kinerja, dan tunjangan kemahalan. Untuk gaji pokok, akan ada peningkatan rasio atau perbandingan antara besaran gaji terendah PNS dan gaji tertinggi PNS.
Gaji pokok tidak lagi berdasarkan masa kerja, tetapi didasarkan pada beban kerja, tanggung jawab, dan risikonya. Saat ini, rasio gaji pokok yang berlaku mencapai 1:3,7. Contohnya, jika gaji pokok terendah PNS sekitar Rp 1,2 juta, gaji pokok tertinggi sebesar Rp 4,44 juta.
Ke depan, rasionya naik menjadi 1:11,9 sehingga gaji pokok tertinggi bisa melonjak Rp 14,3 juta. Penerapan sistem gaji baru akan dilakukan pada 2018 lantaran pemerintah membutuhkan persiapan untuk sosialiasi ke seluruh daerah sekaligus persiapan anggarannya di daerah.
Demikian berita dan informasi yang dapat kami bagikan pada hari ini. Semoga dapat bermanfaat untuk kita semua. Atas perhatian dan kunjungannya kami ucapkan terima kasih. Jangan lupa Like, komentar dan bagikan info ini ya, Akhir kata kami ucapkan banyak-banyak terima kasih. Wassalam.

Subscribe to receive free email updates:

70 Responses to "MULAI 2018, GAJI PNS NAIK HINGGA 14 JUTA PER BULAN"

  1. Gaji PNS naik, daya beli naik
    tingkat konsumsi naik
    harga barang melonjak
    Buruh nuntut gaji naik
    Demo di mana2
    Rakyat kecil yg cuma petani menjerit
    apalagi pengangguran...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benertu semua pajak naik....ahirnya rakyat juga yg memjerit

      Hapus
    2. Pajak naik rupanya hny untuk sprt ini,,,buruh swasta gaji aja gk sebanding dg beban kerja dan tanggung jawabnya nya,,,bisa bisa ada pemberontakan besar besaran oleh rakyat klo sprt ini

      Hapus
    3. Pajak naik rupanya hny untuk sprt ini,,,buruh swasta gaji aja gk sebanding dg beban kerja dan tanggung jawabnya nya,,,bisa bisa ada pemberontakan besar besaran oleh rakyat klo sprt ini

      Hapus
    4. Ati ati mas. Ntar jadi provokator makar. G blajar dari peristiwa sebelumnya mas.

      Hapus
    5. benar sekali mas.. kerjanya wong cuman duduk2 ae banyak turune.. itu pasti ada pemberontakan

      Hapus
    6. Dari mana anda tau. Coba anda bayangin kl gk da guru bs ndak anda sprt skrg. Hrsnya pn penghargaan tertinggi di berikan buat guru. Jgn asal ngoceh. Pns itu bkn pegawai kntr aja. Tp jg ada guru.

      Hapus
    7. ari effendi...anda nggak mungkin nggak tahu kalau kalau selain guru ada dokter, perawat, laboratori, apotekker dan banyak profesi yg lain di rumah sakit itu juga banyak yg PNS... mereka nggak bisa duduk2 saja saat bekerja... jangan menjudge semua PNS dengan penilaian buruk...

      Hapus
  2. Semoga kesejahteraan milik kita bersama...

    BalasHapus
  3. Semoga kesejahteraan milik kita bersama...

    BalasHapus
  4. Semoga kesejahteraan milik kita bersama...

    BalasHapus
  5. sudahlah, jangan mau di PHP kan lagi,,,
    sudah berapa kali kabar gaji PNS naik, tunjangan NAIK, tapi cuma banyak harapan saja yang dikasih,,
    kasian kita dengan PNS-PNS merasa di PHP kan

    BalasHapus
  6. Pns sih tp itu buat pns diprovinsi kementrian ... yg didaerah apalagi yg otoda .. tetap aja sama soalnya mana ckup anggaranx ... nasibbb

    BalasHapus
  7. harga murah gaji pns tetap rakjat kecil akn trt menikmati kesejhteraan jg. ini lebih bijk kog. yang mau yang mau ...

    BalasHapus
  8. Iya segala pajak naik.....nantinya banyak pungutan di beban kan ke pada rakyat kecil,

    BalasHapus
  9. betul..
    Pegawai Honor juga di Naik kan Kenapa
    belum tentu Kinerja PNS lebih bagus timbang Honor

    BalasHapus
  10. Mikir PNS mending mikir rakyat kecil...disini disekitar kita banyak yang menjerittttt....

    BalasHapus
  11. Tolong pikirkan jga tenaga guru honor dong,,,miris liyt nya..

    BalasHapus
  12. Tolong pikirkan jga dong guru honornya,dan jfn di persulit apa lg d sunat..

    BalasHapus
  13. HAHAHA... YANG BENER AJA KALEEE.????

    BalasHapus
  14. Gaji pns naik tp kinerjanya g baik.hari kecepit nasional banyak yg bolos.pelayanan utk masyarakat msh krg baik.coba liat para petani dipedesaan yg daerah terpencil.beli pupuk aja sulit,mahal lagi.apa g menjadi kesenjangan sosial.lebih baik para petani itu yg perlu diperhatikan.biar kita bs swasembada lg.masak indonesia ini tanahnya subur tp beras aja msh import...

    BalasHapus
  15. Iya,..aku pns tapi aku ya butuh gaji tapi aku ndak suka yg muluk2,lebih baik kesejahteraan seluruh rakyat terjamin,kesenjangan tidak jauh2 amat,kasihan petani,kondisi alam tidak dapat diandalkan jadi banyak panen gagal,kasihan juga buruh...lebih baik buka lap pekerjaan yg bisa diandalkan ,pendidikan merata mutu jg bagus,masih banyak yg dipikir,jangan memikirkan diri sendiri

    BalasHapus
  16. Kasihan petani,buruh dll ,mending mikir buat lain nya..saya jg pns tp saya kasihan yg lain,rejeki besar atau kecil disukuri saja

    BalasHapus
  17. PNS mulu..
    Masyarakat juga donk..
    Masyarakat juga butuh uang,mereka pnya kihdupan,masih bnyak masyarakat pngangguran dan gak mmpu melanjutkan k pndidikan yg lbih tnggi..
    Mreka cuma mmpu smpai jenjang SMA tdk snggub mlanjutkan k universitas dan tdk bsa mencari pkrjaan karna msih mnim lap.pkerjaan yg mmbutuhkan tnaga krja dngan ijazah SMA..

    BalasHapus
  18. satu kata G MUNGKIN LAGIAN........
    kalau itu mungkin kasihan rakyat2 kecil juga....
    semua harga pasti naik....
    toh yg bayar juga rakyat.... duite rakyat ng nduwur kanggo awur-awuran....(foya-foya)

    BalasHapus
  19. Jangan gila donk apa mau hancur negara ini.perrimbangan yg amburadul

    BalasHapus
  20. Sak kareppe cangkem apek ngomong,pejabat te wes koplak...kelengan ambek wong cilik....piye carane memakmurkan seng wes tegencet kesulitan hidup....masih akeh rakyat yg susah lo pak pejabat....delok sekeliling anda....

    BalasHapus
  21. Apa hubungannya soal kenaikan gaji PNS dengan Menkopulhukam ..yg kasih statment itu seharusnya Menteri Keuangan,,,cukupkah Dana kita utk membayar Kenaikan gaji tsb.

    BalasHapus
  22. Negara indonesia sekarang sudah jadi milik mafia bukan lagi milik rakyat indonesia ,kita sebagài rakyat jadi kuli /umpan mafia ,banyak janji janji yang di umba45r supaya gampang untuk di
    tindas. Nb.rakyat indonesia sekarang lagi di jajah oleh bangsa sediri.

    BalasHapus
  23. teory yang saya ketahui, semakin dekat perbedaan gaji terendah dengan tertinggi menjadi indikator bahwa kesejahteraan suatu negara sudah adil dan merata , rasio 1:3,7 adalah lebih adil dan merata dibanding 1 : 11

    BalasHapus
  24. Angin surgaaa....nanti gk jadi gigit jari....huehue

    BalasHapus
  25. Klo boleh PNS dan TNI Polri direvitalisasi dulu dari Narkoba, Korupsi dan ijazah palsu secara global dilakukan oleh tim independen yg anti suap untuk meningkatkan Marwah dan kepercayaan masyarakat.

    BalasHapus
  26. sok idealis semua ni...jngan tanyakan apa yg dikasih negara k kamu tanya apa yg sudah kamu perbuat untuk negara kalo udah ada konstribusi baru boleh bnyak koment...jangan hanya bisa komentar..gaji pns naik yang bukAn PNS sibuk...gaji buruh naik nanti gitu juga...petani nelayan kaya semua iri..pengemis banyak duit iri...semua juga....maunya gimana ckckck..mas mbak om tante...rejeki udah ada jalannya masing2 tergantung mau dicari..usaha atau nggak...peace n jaya indonesia

    BalasHapus
  27. Wajar la naik sampe 14 jt an.. masuk PNS kan mahal say ...
    Hah sajaaaa..

    BalasHapus
  28. Wajar la naik sampe 14 jt an.. masuk PNS kan mahal say ...
    Hah sajaaaa..

    BalasHapus
  29. Akal akalan aja ini. Imbasnya juga ke rakyat, balik maning ning rakyat.

    BalasHapus
  30. come on guys..look what this country look alike?if we are living much better might be its fine,dont be naif..

    BalasHapus
  31. Aku pns.tp g percaya blas.kalo gaji naik,tp garapan spjnya mbuleeeeeet.,malah dosanya gak karuan.tugas mengajar,mendidik terbengkalai...guru disalahkan kalo siswanya bodo.

    BalasHapus
  32. Pikiran drmn tu hingga 14 jt? Kan sdh liat sendiri nasib kbnyakn masyarakat, kok malah pns yg dipikirin. Memangnya masyarakat pns semua? Pikir lg dong. Enak klo semua orang jd pns gk ada lagi yg jadi petani, pedagang,nelayan dll,trus mau makan pakai apa? Mau makan duit kah?

    BalasHapus
  33. Kita dukung kebijakan pemerintah..didesa sudah difasilitasi dengan dana desa..kembangkan lah sehingga menjadi sejahtera masyarakat mulai dari desa..mari berfikir positif dan dukung kebijakan pemerintah...karena pemerintah sudah punya analisa tentang semua kebijakannya...

    BalasHapus
  34. Kita dukung kebijakan pemerintah..didesa sudah difasilitasi dengan dana desa..kembangkan lah sehingga menjadi sejahtera masyarakat mulai dari desa..mari berfikir positif dan dukung kebijakan pemerintah...karena pemerintah sudah punya analisa tentang semua kebijakannya...

    BalasHapus
  35. Mari kita merenung..
    Berfikir positif aja.krn dngn brfkir pstif,hidup akan lbih tntram dan lbh bs mnsyukuri.jngn gmpang menghujan,mencaci mencela,jk itu kamu lakukan,maka seumur hidupmu akan slalu. penuh dngn kbencian&hidupmu tdk akan prnh tenang.
    HARKAT,PANGKAT,MARTABAT,REZEKI..itu sdh dgariskan Tuhan Yme.

    BalasHapus
  36. Yang komentar negatif ,padahal.gajinya dah 10 jutaan ,yang ada kebencian ke PNS yang menjadi jadi,padahal PNS belum tentu males seperti yang diomongkan,banyak PNS yang kerja over time nggak ada uang lembur,masuk sabtu Minggu nggak ada tambahan,lebih baik jangan menjudge PNS dan menyamaratakan PNS tuh males,yang komentar negatif jangan jangan kerjanya juga cuma nongkrong

    BalasHapus
  37. Setuju sekali sebab sebetulnya yg paling besar jasa dan kontribusinya terhadap negara adalah PNS & TNI/POLRI.

    BalasHapus
  38. Dari pada dinaikin smpe bnyak gitu mending dinaikin dikit.. Sisanya buat nganggat guru pns baru.. Hargai perjuangan guru..

    BalasHapus
  39. sepertinya akan berat .... jika belanja ASN (PNS dan P3K) masih berdasarkan proporsi anggaran dan pendapatan asli daerah .....

    BalasHapus
  40. semua kebutuhan pasti ikut naik,,,ujung ujung berdampak pada masyarakat miskin,,,yang kaya makin kaya,,,yang miskin,,,tambah miskin

    BalasHapus
  41. Ikuti saja alurnya nanti juga akan bermuara kemana toh guru tni dan polri juga sudah dapat tunjangan layak. sedihnya pns daerah harus kerja lembur tapi tetep aja hasil kerjanya tidak dihargai

    BalasHapus
  42. 🇲🇨🇲🇨🇲🇨_BEK JANJI MAMEH BEUH_🇲🇨🇲🇨🇲🇨

    BalasHapus
  43. Gaji pns blm naik dah heboh jelas2 fakta pns semakin tenggelam sm bunga bank....padahal Gaji PNS cukup di bayar sm sewa Atmosfer kita, listrik lu naik 100% diem, pns sejahtera ya sdh pantas....dia pandai, cerdas , melayani rakyat, elu yg ga kerja jgn iri cari kerjaan banyak kl mau....

    BalasHapus
  44. Berita soak dr dulu d ktkn naik. Para pemirsa. Asal tau y saya guru gol 3b angkatan 2005. Gaji saya itu 2.9ratusan itu uda masuk tunjangan fungsional daerah n beras. Jd sepertix yg selalu d britakan itu gk srsuai yg sebenarx. Gj d perusahaan jauh lebh tinnggi, sepertix jg pemerinthn jokowi akan kandas d 2019. Krna pgawai suda gk ada yg dukung. Asal tau jg ye 1pegawai itu dlm satu daerah bisa mempengaruhi minimal 10 bahkn bisa ratusan. Jd jokowi hrus prhtikn lo emng mo maju lg thn 2009.liat aza.....

    BalasHapus
  45. Berita soak dr dulu d ktkn naik. Para pemirsa. Asal tau y saya guru gol 3b angkatan 2005. Gaji saya itu 2.9ratusan itu uda masuk tunjangan fungsional daerah n beras. Jd sepertix yg selalu d britakan itu gk srsuai yg sebenarx. Gj d perusahaan jauh lebh tinnggi, sepertix jg pemerinthn jokowi akan kandas d 2019. Krna pgawai suda gk ada yg dukung. Asal tau jg ye 1pegawai itu dlm satu daerah bisa mempengaruhi minimal 10 bahkn bisa ratusan. Jd jokowi hrus prhtikn lo emng mo maju lg thn 2009.liat aza.....

    BalasHapus
  46. Hadeuh...baru wacana saja sudah diprotes...yg dinaikan itu "rasio" nya bos... dan berdasarkan beban kerja serta prestasi pns itu sndiri..ini upaya mendongkrak kinerja, bukankah adil jika seseorang bekerja dengan baik dihargai dengan pabtas juga?

    BalasHapus
  47. kok semua,,,naik ya,,,yang turun apa???

    BalasHapus
  48. kok semua naik ya,,,yang turun apa??

    BalasHapus