Pilahberita.com – Assalamualaikum Wr. Wb. Selamat malam dan salam sejahtera untuk kita semua. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan meminta guru kreatif dan menjauhi plagiarism (tradisi menjiplap), dalam menyiapkan naskah soal ujian untuk para siswa.

Pasalnya, jika penyusunan naskah soal ujian tersebut dilakukan secara asal-asalan, apalagi meng-copy paste dari sumber-sumber tertentu, dikhawatirkan akan menimbulkan banyak persoalan. “Kalau mau menyiapkan materi soal itu, dipikir apa isinya, jangan hanya copy paste. Kalau guru hanya copy paste, gak dilihat lagi konteksnya, jadilah banyak masalah,” demikian kata Anies, di Jakarta belum lama ini.Anies memperingatkan, jika masih ditemukan guru yang melakukan copy paste dalam menyusun soal ujian, peringatan atau sanksi akan diberikan kepada guru tersebut. “Dan jika guru masih melakukan itu, akan saya tegur, dan jika tidak bisa ditegur akan diberi sanksi, kalo  guru itu pegawai mendikbud sudah kemarin-kemarin saya beri sanksi,” jelas Anies.

Selain memberikan teguran keras dan sanksi, Mendikbud juga meminta kepala sekolah untuk melakukan pengecekan soal-soal yang sudah disiapkan oleh guru. “Minta itu kepada kepala sekolah, kepala dinas, periksa soal-soal yang dibuat guru-gurunya, jangan dibiarkan begitu saja,” tutup Anies. Sebagaimana diketahui, Ujian Nasional (UN) 2016 akan segera tiba dalam beberapa bulan kedepan. Sejumlah persiapan terus dikebut, agar pelaksanaan UN 2016 berjalan lebih baik. Diantaranya memperecepat proses lelang pengadaan dan penggandaan soal UN 2016.


Demikian berita dan informasi yg dapat redaksi Pilah Berita bagikan pada malam hari ini dan semoga bermanfaat. Jika berkenan mohon berikan komentar dan pendapatnya. Tetap setia bersama Pilahberita dan wassalam..

2 komentar

informasi yang menarik, salam dari kami : http://udaconglee.blogspot.co.id/2015/12/cetak-spanduk-jasa-cetak-spanduk-murah.html

Maaf ya bpk menteri yg terhormat,saya rasa anda tahu kl yg jd guru ni bukan anak kecil lagi.kl persoalan itu kami para guru sdh tau pak,kami copas pun ga asal2an pa,kami liat jg soal yu sesuai atau tidak,kl saya pribadi biasany jg copas namun angkany saya ubah krn saya pny kekurangan tdk terlalu bs membuat soal berupa kalimat.cb ya pa jgn mentang2 bpk "atasan" para guru..trus seenakny apa2 mengancam trus..cb bt kebijakan yg tdk mengancam bs kan..anda org terpelajar dan sdh jd menteri..tentu bs membuat kebijakan yg pintar dan bijak tanpa ancaman.ingat pa kl mempersulit org lain maka suatu saat bs jd anda jg dipersulit.


EmoticonEmoticon