KEBIJAKAN BARU, KEMENDIKBUD AKAN TRANSFERKAN TUNJANGAN SERTIFIKASI LANGSUNG KE GURU, SETUJUKAH ?

Pilahberita.com – Assalamualaikum Wr. Wb. Selamat siang dan salam sejahtera untuk kita semua. Ini dia berita terbaru seputar tunjangan profesi guru. Wali Kota Pontianak Sutarmidji menegaskan kembal bahwa sebenarnya tidak ada masalah mengenai kebijakan pengelolaan guru itu desentralisasi atau sentralisasi. Namun, Wali Kota Pontianak Sutarmidji punya pemikiran sebaiknya pengelolaan guru itu dibagi saja.

Pak Sutarmiji mencontohkan, untuk masalah sertifikasi guru, transfer dana maupun tunjangan guru itu sebaiknya dilakukan terpusat. “Dari Kemendikbud langsung ditransferkan ke guru. Itu lebih simple,” ungkap Midji saat menjadi pembicara dalam diskusi bertajuk “Pengelolaan Guru: Sentralisasi atau Desentralisasi” yang digelar Indonesia Corruption Watch, di Balai Kartini, Jakarta, Selasa (22/12/2015). Dengan demikian, kata Midji, tidak akan ada lagi ribut-ribut soal transfer, maupun sertifikasi. Dampak positifnya juga, kata dia, APBD akan sehat. “Mengapa? Karena belanja pegawai rendah,” ujarnya.

 Selain itu sorotan kepada pemerintah daerah menjadi berkurang. Dengan demikian, kepercayaan masyarakat kepada pemerintah daerah akan baik. Kalau kepercayaan baik, kata Midji, apapun yang akan dilakukan pemerintah pasti akan didukung masyarakat. “Saya lebih cenderung peningkatan kapasitas guru terpusat,” katanya. Lalu apa peran pemda? Midji menjelaskan, pemda mengoperasionalkan semua misalnya dengan melakukan peningkatan kapasitas guru. “Seperti memperbanyak pelatihan. Nah ini kita anggarkan,” tegasnya.

Pemda pun, kata dia, akan selalu siap mengoptimalkan peran guru sehingga menciptakan sekolah yang berkualitas dan murid yang cerdas dan berintegritas. Midji duduk sejajar dengan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, Gubernur Banten Rano Karno dan Mendikbud Aniea Baswedan yang menjadi pembicara dalam diskusi ini. Midji pun berdiskusi dan memaparkan keberhasilan-keberhasilan Kota Pontianak di bawah kepemimpinannya dalam mengelola pendidikan.


Demikian berita dan informasi yg dapat redaksi Pilah Berita bagikan pada siang hari ini dan semoga bermanfaat. Jika berkenan mohon berikan komentar dan pendapatnya. Tetap setia bersama Pilahberita dan wassalam..

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "KEBIJAKAN BARU, KEMENDIKBUD AKAN TRANSFERKAN TUNJANGAN SERTIFIKASI LANGSUNG KE GURU, SETUJUKAH ?"

  1. Saya sebagai guru pendidikan agama Islam sangat setuju apabila TPP langsung ditransfer ke rekening guru yg bersangkutan.

    BalasHapus