GURU WAJIB BACA !! INI DIA KEBIJAKAN BARU PEMERINTAH TERKAIT SERTIFIKASI GURU YANG RESMI DIBERLAKUKAN 1 JANUARI 2016

Pilahberita.com – Assalamualaikum Wr. Wb. Selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua. Kebijakan pemerintah yang baru tentang sertifikasi guru mengharuskan semua biaya sertifikasi ditanggung oleh guru yang bersangkutan. Kebijakan ini resmi mulai diberlakukan 1 Januari 2016. Selain biaya sertifikasi ditanggung sendiri oleh guru, durasi sertifikasi juga berubah.

Proses sertifikasi Guru (SERGUR) tetap dilaksanakan di kampus Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK). Berdasarkan informasi dari salah satu LPTK, Biaya dan Durasi Sertifikasi Guru (SERGUR) 2016 berbeda untuk setiap guru tingkatan tk atau sd dengan guru SMP, SMA, dan SMK. 
Biaya dan Durasi Sertifikasi Guru (SERGUR) 2016 untuk guru TK dan SD yaitu sebesar 7 juta atau guru dengan durasi selama 1 semester.

Biaya dan Durasi Sertifikasi Guru (SERGUR) 2016 untuk guru SMP, SMA dan SMK adalah total sekitar 14 juta / guru dengan durasi selama 2 semester. Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNYS), salah satu LPTK, Rochmat Wahab menyatakan Durasi sertifikasi untuk guru TK dan SD yaitu satu semester. Biaya sertifikasi selama satu semester bisa mencapai Rp 7 juta per guru.

Sedangkan untuk guru SMP, SMA, dan SMK durasi sertifikasi selama dua semester. Jadi biayanya tinggal dikalikan saja, yaitu Rp 14 juta per guru. Secara teknis proses sertifikasi masih belum ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.



Demikian berita dan informasi yg dapat redaksi Pilah Berita bagikan pada pagi hari ini dan semoga bermanfaat. Jika berkenan mohon berikan komentar dan pendapatnya. Tetap setia bersama Pilahberita dan wassalam..

Subscribe to receive free email updates:

6 Responses to "GURU WAJIB BACA !! INI DIA KEBIJAKAN BARU PEMERINTAH TERKAIT SERTIFIKASI GURU YANG RESMI DIBERLAKUKAN 1 JANUARI 2016"

  1. biaya serrifikasi selangit. gajinya sebanding engga sama kerja kerasnya??

    BalasHapus
  2. biaya serrifikasi selangit. gajinya sebanding engga sama kerja kerasnya??

    BalasHapus
  3. soal gaji sesuai nggak, mungkin relatif ya. Yg pasti, tuntutan kerjanya makin makin aja.

    BalasHapus
  4. Pemerintah KEMENDIKBUD sebaiknya hati-hati kalau mau ambil kebijakan/keputusan. Jangan sampai malah menambah makin suramnya dunia pendidikan di Indonesia.
    Saya yakin para pejabat negeri ini yang saat ini mencoba berusaha mempersulit guru-guru adalah berkat jasa dari beliu-beliu para guru tersebut. Terutama sebelum adanya UU Guru dosen 2005. Pertanyaanya adalah "APAKAH ANDA PARA PEJABAT, MENGANGGAP PARA GURU YANG TELAH BERJASA KEPADAMU SEMUA ADALAH GURU-GURU YANG TIDAK KOMPETEN, TIDAK PROFESIONAL MENURUTMU ???
    BEGITUKAH...???
    Kalau Pikiran anda tidak sampai kesini, Jangan Jadi Pejabat...OK ?

    BalasHapus