Selamat malam dan salam sejahtera. Pada malam hari ini Pilah Berita hadir dengan informasi tentang perubahan sistem gaji dan sistem kepangkatan PNS tahun 2016. silahkan disimak.... 
Gaji dan sistem kepangkatan Pegawai Negeri Sipil PNS berubah mulai Januari 2016 oleh Badan Kepegawaian Negara. Dan hal ini juga nantinya akan terjadi pula perubahan gaji dan tunjangan PNS di tahun 2016 pula. Daftar gaji pns asn berdasarkan pada tingkatan PNS Grade masing-masing akan dilaksanakan pemerintah dengan adanya sistem penggajian single salary (Single Salary System) juga nantinya. Hal ini juga disesuaikan dengan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) mengamanatkan bahwa pemerintah wajib membayar gaji yang adil dan layak kepada PNS serta menjamin kesejahteraan PNS. 
Komponen gaji yang diterima PNS hanya terdiri dari 3 macam yaitu gaji, tunjangan kinerja, dan tunjangan kemahalan. Dan tunjangan kinerja akan dinilai berdasarkan pada grade dimana pegawai ASN yang bersangkutan berada.Badan Kepegawaian Negara (BKN) akan mengubah sistem kepangkatan pegawai negeri sipil (PNS) dengan menggunakan grade (tingkatan). Sistem baru ini telah dimasukkan dalam Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang Gaji dan Tunjangan PNS.
Bima Harya Wibisana selaku Kepala Badan Kepegawaian Negara seperti informasi yang dilansir dari jawapos.com mengatakan bahwa gaji dan Kepangkatan PNS sebelumnya hanya diatur mulai dari IA sampai 4E. Namun, ke depan akan ada grade 1 sampai 27. ”Itu nanti ada range -nya. Masa kerja sekian, kompetensi sekian, itu ada di-grade sekian sehingga kompetensi dihargai,” paparnya.
Bima mengatakan, kepangkatan ini akan berpengaruh pada sistem penggajian yang baru. Besaran gaji PNS juga akan dilihat dari grade yang dimiliki setiap PNS.”Sistem kepangkatan akan berbeda. Ada 27 grade. Misal, pangkatnya 4A masa kerja 10 tahun dengan pendidikan doktor dengan pangkat 4A masa kerja 10 tahun pendidikan master, apakah gajinya sama? Kita akan membedakan. Kalau sekarang kan semuanya sama,” ungkapnya.Jadi penggajian dan kepangkatan pegawai ASN nantinya akan berbeda dan berubah tidak akan sama seperti tahun-tahun sebelumnya.ini sekaligus pembersihan data yang rusak. 
Di samping itu juga agar data lebih lengkap,” tandasnya.Menurut dia, data di BKN saat ini sudah jauh lebih baik dan teratur. Data-data yang rusak dan tidak jelas sudah dimusnahkan.Dia menjelaskan sistem ini berlaku pada 1 Januari 2016 sehingga pendataan diharapkan akan tuntas sampai 31 Desember mendatang.

Sistem Gaji Tunggal PNS Single Salary

Berikut informasi dan pemberitaan yang dilansir dan dimuat di laman website situs bkn.go.id/kanreg01 yang memberitakan dan menginformasikan hal yang terkait dengan Gaji PNS Dirancang Single Salary Sistem.Dalam implementasinya, sistem penggajian PNS ini masih menyisakan beberapa permasalahan karena besaran gaji yang diberikan dirasakan kurang memenuhi unsur kehidupan layak, gaji PNS kurang kompetitif dan tidak memenuhi prinsip “equity”.Kondisi tersebut memberikan efek kurang memotivasi pegawai untuk bekerja secara kompetetif karena variabel penggajian PNS ASN ini hanya mempertimbangkan masa kerja dan juga golongan ruang. 
Selain itu, tunjangan (jabatan struktural) lebih besar dari gaji pokok sehingga ketika seorang pegawai pensiun, maka akan terjadi penurunan penghasilan yang sangat signifikan karena besaran pensiun didasarkan pada gaji pokok.Dalam konstruksi Single Salary System, pegawai hanya akan diberikan gaji bersih. Anatomi Single salary system terdiri atas unsur jabatan, kinerja, serta grade+step. 
Single salary system mengakumulasi berbagai jenis penghasilan dan menetapkan komponen penghasilan menjadi satu jenis penghasilan (gaji jabatan). Sistem penggajian PNS berbasis jabatan tidak lagi mendasarkan pangkat dan golongan ruang, tetapi didasarkan bobot/grade jabatan (evaluasi jabatan)Penetapan besaran gaji terendah harus mempertimbangkan standar kehidupan layak (cost of living), besaran gaji di sektor swasta atau BUMN untuk semua jenjang jabatan setara.
SUMBER : hamizanupdate
demikian berita dan informasi yang dapat redaksi pilah berita sampaikan malam hari ini. semoga bermanfaat. terima kasih telah berkunjung dan tetap setia di PIlah Berita..

10 komentar

Saya yakin seluruh bangsa Indonesia akan merasa senang dan bahagia. Terutama para PNS. Memang selayaknya dan sepantasnya para PNS mendapat kesejahteraan yang layak agar hidupnya sejahtera.
Tetapi apakah Pemerintah sudah memikirkan dampak atau imbasnya terhadap masyarakat umum yang hidupnya dibawah tarap kemiskinan. Tentunya kenaikan gaji PNS itu akan menimbulkan kenaikan harga jual dan beli sandang - papan dan pangan. Dan kemudian dampak tersebut akan sangat berpengaruh menindas dan mencekik serta membunuh tatanan ekonomi kehidupan rakyat kecil.
Sudahkah Bapak Bapak dan Ibu Ibu yang duduk dimeja sana memikirkan nasib mereka kelak kedepannya, ataukah Bapak Bapak dan Ibu Ibu ingin merampas harapan mereka dan membunuh mimpi mimpinya.
Tidakkah Pemerintah berpikir terlebih dahulu meningkatkan taraf kehidupan masyarakat kecil dengan mereformasi system perekonomian yang terjadi sekarang kearah yang lebih berpihak pada Pancasila ayat ke 2 Kemanusiaan yang adil dan beradab. Pancasila ayat ke 5 Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.
Sepertinya PNS sebenarnya dengan gaji sekarang sudah lebih dari cukup bahkan sangat berlebih. Yang harus dipikirkan itu bagaimana cara menurunkankan harga harga jual dan beli papan - sandang dan pangan agar seluruh bangsa Indonesia ini menikmati hidup sejahtera dan secara.
Salam. Dimana Perjuangan kemerdekaan RI ini....?

Bagi Guru berita apapun tentang penggajian baru tidak menarik karena guru tidak dapat uang makan tidak mendapat tunjangan kemalahalan tidak ada tunjangan kenerja yang ada cuman sertifikasi tuk. mau bagus atau tidak mengajar dan seorang guru tetap mendapatkan setifikasi.yang lebih menyedihkan sertifikasi diberikan sesuai gaji pokok tidak berdasarkan kenerja dan kemampuan,serta pendidikan guru tersebut.

Kadang kami berfikir kami ini guru PNS atau bukan sih... PNS gya Kok tidak dapat uang makan seperti PNS lainnya...alasan mereka karena kami pulangnya cepat..sebenarnya kami pulang pukul 14.00 ditambah hari sabtu tetap hadir seperti biasa.sementara kantor pulang pukul 16.00 tapi jam 12 sampai 13.30 Istirahat dan sabtu libur.

bersyukur masih ada sertifikasi. pns boasa spt sy selain gaji gak dpt apa2 lagi... libur cuma minggu aja. dgn banyaknya kerjaan, sabtu pun kami lembur ngantor spt biasa dr jam 7 pagi sampe jam 4 sore. anak2 sejokag libur, kami gak libur...

maaf ya...... dari masa orde lama, orde baru dan reformasi saat ini katanya. dari presiden sukorno s/d jokowi (saat ini) yang dilakukan pemerintah dari masa ke masa adalah hasilnya tidak sama dan hal yang tidak mudah. dan orang-orang yg duduk dipemerintahanpun adalah orang-orang pintar/terpercaya karena pilihan rakyat sendiri (saat ini) masing-masing masa membuat perubahan ada yang senang ada juga yang sedih begitu juga pemerintahan saat ini kalau memang pns menurut saudara saudara ada yg menganggap pns diperhatikan biarkan syukuri saja karena dahulu juga untuk jadi pns saja tidak ada yang mau gaji kecil jauh kemana-mana dengan buruh saat itu coba sekarang..? sebab saya yakin pemerintah juga ingin semua rakyatnya makmur, maju seperti negara negara lain tapi kapan sy juga tidak tahu masih mencari pimpinan yang berani, cerdas pokoknya mampulah........membuat indonesia makmur, maju baik segi iptek maupun iptaq.

mhn maaf para pembac baik dari kalangan birokrasi masyarskat dan lain sbagainya secara kebetulan sy pns sejak thn 1993 samapi sekarang dan saya cicil kenaikan pangkat dr golongan 2a samai sekarang gil 4b dg latar belakn penddiln pasca sarjana hitunh hitung gaji sy sebagai pns selama 23 thn sebagai abdi negar setara dgn gaji anggota dpr selama 5 thn yaah ampun inikah keadilan jd mari kita merenung dan berfikir sebijaksana mungkin

Trima kasih kepada pemerhati nasib para pegawai,,,,kalau ini mnjadi kenyataan maka semua insan pegawai menjadi makmur lahir batin ,,,,,trima kasi

Trima kasih kepada stakeholders pemerhati nasib pegawai,,,,,,setiap org yg bekerja pasti punya keiniginan utk mendaptkan hasil guna membiayai kubuthan klganya,,,,kalau memang ini saatnya utk melakukan perubahan berkaitan peningkatan kesra mlalui gj yah bersukurlah,,,,

Itu semua angin surga pemeritah indonesia.......sulit untuk di percaya....

ditunggu aja sampai hari kejadian........siapkan mental apapun yg terjadi.....


EmoticonEmoticon