MENPAN-RB : PNS MALAS DAN BERKARIR MENTOK AKAN DIPENSIUN DINIKAN !!

Assalamualaikum wr. wb. Selamat malam bapak dan ibu guru serta PNS yang berbahagia. Salam sejahtera untuk kita semua. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) Yuddy Chrisnandi kembali memunculkan wacana guna menghemat anggaran negara dengan menerapkan pensiun dini bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Rencananya pembahasan itu akan dibahas dalam klausul mengenai tunjangan dan pensiun PNS.

Ada dua wacana dalam melakukan pensiun dini bagi PNS. Pertama bagi mereka yang dinilai kinerjanya tidak produktif namun pengabdian sudah mencapai puluhan tahun.

Walau begitu, Yuddy mengakui tidak mudah dalam menerapkan pensiun dini bagi PNS malas. Sebab, sudah ada peraturan mengenai sanksi PNS yang mengatur mengenai kinerja.

“Bisa dikaji, untuk penyegaran agar dapat sumber daya manusia handal. Tapi pemberhentian ada syarat, ada proses tidak mudah. Seperti, dalam ketentuan karena pidana, tindak indisipliner masif dan itu bisa diberhentikan hormat dan tidak hormat,” kata Yuddy di Jakarta, Rabu (3/6).

Adapun pembahasan pensiun dini, nantinya ditujukan kepada para PNS yang karirnya sudah mentok. Sehingga abdi negara itu sulit menembus karir paling atas. Contohnya dari jabatan eselon I menjadi menteri.

“Pensiun dini kan konsekuensi harus beri pesangon. Itu belum kita atur. Mudah-mudahan di undang-undang bisa masuk. Bisa saja di kemudian hari PNS pengabdiannya merasa sudah cukup, jabatan karir sudah mentok, jadi mau berkarir di swasta,” ujarnya.

Langkah ini disebutnya seperti para PNS dari negara Singapura. Pasalnya, di negara itu PNS diberikan kesempatan untuk beralih menjadi pegawai swasta bila sudah berumur 40 tahun.

Meski begitu, lanjut Yuddy, sejauh ini belum ada PNS yang mengajukan diri untuk pensiun dini lantaran masa karir maupun tingkat produktifitas rendah.

“Akan kita pertimbangkan positif negatifnya dari sisi pemerintah dan aparatur sipil negara,” terangnya.

(dilansir dari situs : www.merdeka.com)

Demikian berita dan informasi tentang Pensiun dini PNS yang dapat Pilah Berita bagikan, dapat semoga bermanfaat. sekian dan terima kasih atas kunjungannya.... 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "MENPAN-RB : PNS MALAS DAN BERKARIR MENTOK AKAN DIPENSIUN DINIKAN !!"

Posting Komentar