TUNTUT TPG, HARUS JADI GURU TETAP DAERAH !!


Assalamualaikum wr wb. Selamat malam rekan-rekan guru semua yang berbahagia. Pada malam hari ini Pilah Berita hadir dengan informasi tentang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memastikan, tidak semua guru non PNS di sekolah negeri tidak mendapatkan tunjangan profesi guru (TPG). Pasalnya guru swasta yang berstatus guru tetap daerah, berhak mendapatkan TPG. Kebijakan pengangkatan ada di daerah masing-masing.
Direktur Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P2TK) Ditjen Pendidikan Dasar Kemendikbud Sumarna Surapranata menuturkan, memang benar guru swasta di sekolah negeri tidak berhak mendapatkan TPG. “Sebab mereka itu adalah guru tidak tetap (GTT, Red),” katanya di Jakarta kemarin.
Prana mengatakan aturan yang berlaku menyebutkan, hanya ada dua jenis guru yang berhak mendapatkan TPG. Yakni guru PNS daerah (PNSD) dan guru tetap yayasan. Di luar itu, tidak berhak mendapatkan TPG. Jika Kemendikbud nekat menyalurkannya, maka akan menjadi temuan saat audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).
Namun Prana mengatakan, para guru swasta yang statusnya GTT tadi tetap berpeluang mendapatkan TPG. Syaratnya mereka harus mendapatkan status pengangkatan sebagai guru tetap daerah. Statusnya beda dengan PNSD, tapi berhak mendapatkan TPG.
“Pemda harus mengangkat mereka menjadi guru tetap daerah dulu. Baru bisa mendapatkan TPG,” ujar dia. Untuk itu kebijakan pemda menjadi kunci dalam urusan ini. Kemendikbud tidak bisa mengintervensi kebijakan daerah apakah bersedia atau tida mengangkat guru tetap daerah.
Guru tetap daerah adalah guru non PNS yang diangkat berdasarkan surat keputusan Bupati/Walikota. Mereka digaji melalui anggaran di dinas pendidikan masing-masing. Guru tetap daerah yang ingin mendaoatkan TPG, harus mengikuti prosedur resmi. Seperti mengikuti proses sertifikasi.
Sebelumnya Ketua Umum PGRI Sulistyo mengatakan, Kemendikbud harus memberikan hak TPG kepada semua guru non PNS di sekokah negeri. Termasuk mereka yang belum berstatus guru tetap daerah. Alasannya tuntutan kerja angata guru PNS maupun guru non PNS pada prakteknya sama saja. “Pemerintah menuntut guru swasta juga berkomitmen mengajar dengan baik. Maka mereka berhak juga mendapatkan TPG,” ujarnya.
(dilansir dari situs : kaltengpos.web.id )
Demikian berita dan informasi yang dapat Pilah Berita bagikan malam ini, semoga ada manfaatnya untuk kita semua, sekian dan terima kasih atas kunjungan bapak dan ibu guru semua, Jangan lupa beri komentar ya... :)

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "TUNTUT TPG, HARUS JADI GURU TETAP DAERAH !!"

  1. Semoga pemerintah daerah mudah mengangkat honorer menjadi GTD

    BalasHapus