Selamat malam rekan-rekan guru dan PNS setanah air indonesia, salam hangat dan sejahtera untuk kita semua. Pada kesempatan kali ini PIlah Berita hadir dengan berita tentang kenaikan Gaji PNS dan gaji ke 13 PNS. Simak selengkapnya dibawah ini.....


Berita menggembirakan bagi para Pegawai Negeri Sipil menjelang pertengahan tahun 2015 ini. Seperti kabar yang beredar sebelumnya, kemungkinankenaikan gaji PNS 2015 semakin kuat. Selain gaji PNS naik, tak kalah menggembirakan adalah Gaji ke-13 akan dibayarkan pada bulan Juni 2015.

Mengapa gaji PNS harus naik? Ini merupakan bentuk perhatian pemerintah akan kesejahteraan para aparatur negara, dengan cara memberikan kenaikan gaji agar bisa mengimbangi kenaikan harga barang kebutuhan  karena adanya inflasi.

Menpan dan RB,  Yuddy Chrisnandi menyatakan gaji PNS akan ada kenaikan pada tahun depan (2015). Dan kenaikan gaji ini akan disesuaikan dengan laju inflasi yang terjadi pada tahun 2015 ini, sehingga daya beli masyarakat khususnya PNS tetap terjaga.

Selain gaji PNS naik ditahun 2015 ini, Menpan juga  menyatakan bahwa PNS tetap akan menerima gaji ke-13pada pertengahan tahun 2015, diperkirakan bulan Juni 2015. Gaji ke-13 tetap diberikan bagi PNS sebagai bentuk bantuan untuk biaya pendidikan anak menjelang tahun ajaran baru 2015/2016.

Dikabarkan sebelumnya, anggaran untuk gaji PNS dianggap terlalu besar. Padahal, gaji PNS menjadi besar karena adanya beberapa tunjangan, misalnya tunjangan kinerja yang penilainnya berdasarkan capaian yang diperoleh oleh PNS dan instansinya.

Alasan mengapa gaji ke-13 PNS tetap dibayarkan.

Banyak orang bertanya mengapa ada gaji ke-13, padahal hanay ada 12 bulan saja. Lalu bagaimana penghitungannya? Jika diperhitungkan memang benar adanya mengenai gaji ke-13 ini. Misal gaji kita Rp 2.000.000, secara otomatis  dalam setahun kita akan menerima penghasilan Rp 24.000.000 karena setahun ada 12 bulan dan setiap bulannya kita mendapat gaji.

Tetapi, jika penghitungannya  per minggu dari jumlah gaji kita Rp 2.000.000,  maka tiap minggu kita akan mendapatkan penghasilan sebesar Rp 500.000, maka jumlah penghasilan per tahun adalah 26 juta, karena Rp 500.000 x 52 minggu. Dalam satu tahun ada 52 minggu. Dan selisih per minggu itulah yang disebutgaji ke-13.

belakangan ini sering beredar berita bahwa  gaji 13 dan tunjangan anak istri akan dihapuskan. Sumber resmi dari berita ini memang belum jelas, akan tetapi bila kita mengacu pada APBN 2015 yang diajukan oleh mantan Presiden SBY dan disahkan DPR pada Oktober tahun lalu, dalam nota keuangan APBN 2015 itu ada alokasi anggaran sebesar Rp 647,3 triliun.

Anggaran sejumlah itu telah menampung kebutuhan biaya operasional antara lain belanja pegawai yang diantaranya terdiri atas pembayaran gajitunjangan yang melekat dengan gaji, termasuk juga gaji ke-13.

Sama juga bila kita mengacu  Nota keuangan APBN-P yang diajukan oleh Presiden Jokowi beberapa waktu yang lalu. Dalam Nota Keuangan yang telah menddapat persetujuan DPR itu tidak ada penurunan angka, justru terdapat kenaikan anggaran menjadi Rp779,5 triliun, naik sekitar 20,4 %. Jadi jika  mengacu pada 2 hal tersebut, maka tidak ada perubahan kebijakan mengenai gaji ke 13. Kemungkinan besar gaji ke-13 akan tetap diberikan. Dan biasanya pembayaran gaji ke-13 pada bulan Juni seperti tahun-tahun sebelumnya.

(dilansir dari situs: dream.co.idGaji ke-13)

Demikian berita dan informasi yang dapat PILAH BERITA bagikan kali ini. Semoga selalu bermanfaat bagi Bapak dan Ibu semua. wassalam..... :)

31 komentar

Syukur dan trimkasih jika Presiden betul2 demikian , trimakasih pak apapun keputusan bpk tetap kami dukung yg ptg utk kebersamaan.

Aku senang, semoga pemerintah selalu memikirkan nasib PNS khususnya guru wiyata bakti.

Aku senang, semoga pemerintah selalu memikirkan nasib PNS khususnya guru wiyata bakti.

Alhamdulilah.......smga berjlan.....jd pns a makin semangat kerja a.....khusus a perawat di aceh.............semanagt kwan..........

Alhamdulilah.......smga berjlan.....jd pns a makin semangat kerja a.....khusus a perawat di aceh.............semanagt kwan..........

Sekretaris desa yg PNS ko ngga ada yg atur tentang tunjangan kinerjanya...?

kayanya Jobload sama gaji ke13 yang diterima harus sesuai... klo diliat kasat mata 8 jam kerja kayanya max cuma kepake 4 jam... sayang juga 647.3 T cuma utk gaji yang kinerja rata-ratanya rendah...mending pake buat jalan tol dikampung saya..

kayanya Jobload sama gaji ke13 yang diterima harus sesuai... klo diliat kasat mata 8 jam kerja kayanya max cuma kepake 4 jam... sayang juga 647.3 T cuma utk gaji yang kinerja rata-ratanya rendah...mending pake buat jalan tol dikampung saya..

Terimqkasih pemerintah......semoga para guru semakin gembira dan sejahtera

Ditempat kami bahkan lebih dari 8 jam, istirahat siang gak dibitung malahan, terlambat dan pulang cepat dipotong gaji

Ditempat kami bahkan lebih dari 8 jam, istirahat siang gak dibitung malahan, terlambat dan pulang cepat dipotong gaji

Pernah jadi PNS blm? Kami PNS gaji dibawah UMR dan walaupun kerja sampai jam 1 pagi utk menyelesaikan tugas ga dibayar lembur..!!

Kl komen dipikir dl...nggak asal bunyi

Jgn menjudge sesuatu yg blm tentu kebenaranyya....

Buat PNS yaa... berarti CPNS belum yaa... heheh

peeet, pinda mustinya nih klo situ yang paling sering bolos

Alhamdulillah...jd senang mendengarx

Astungkara...semoga benar adanya.

Ini orang kecewa karna tak lulus test pns, wajar dong pns diberi penghargaan karna tidak semua orang bisa jadi pns,..

semuanya ansor,,....BPJS sampai saat ini masih banyak punya masalah bahkan ada yang tak jadi di Operasi menunggu giliran alias antrian...semuanya ansor

Coba deh mas berkunjung ke kantor badan diklat prov sulsel....disana PNS nya kerjanya bukan cuma senin-jumat dari pagi sampe sore.....tapi sering banget sampe malam...masuk sabtu minggu jg....jadi jangan sekedar kasat mata 😊 smoga jalan tol dikampungnya bisa terealisasi.....

smoga minimal sma dgn tahun2 sbelumnya jgn sampai ada pnurunan...amin

Hey pak klo komen mkir dlu. Kami PNS yg mti2an d RS mnjaga psien shift2an. 24 jam.. kerja lmbur apa prnh daggap lembur. G prnh. Krn kmi abdi negara. Anda tau g pasien d rs rujukan pusat jakarta itu mnrima psien dr daerah yg kondisiny ud trllu parah tu jmlah ny brp. Anda bisa ny hny komen. Gaji kmi tak sprti yg ANDA bygkan.

@gedepaloed asal jeplak aja..... Di mana kampoeng loe?

Brarti SDM di BPJS kurang kompeten....perlu dievaluasi tuh..... Di mana atau siapa yang mis komunikasi, mismanajemen, atau miss call....

alhamdulillah aku jadi bahagia mendengarnya, semoga kesejahteraan guru lebih diperhatikan. lagi. demi kemajuan dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

semoga para guru semakin gembira dan sejahtera


EmoticonEmoticon