INI DIA CARA MENINGKATKAN KUALITAS DATA DAPODIKMEN MENJADI 100 PERSEN !

Assalamualaikum wr wb. Selamat pagi rekan-rekan guru semua....... Pagi ini Pilah Berita akan memberikan informasi mengenai Cara Meningkatkan Kualitas Data Dapodikmen Menjadi 100 Persen.  Kualitas dari kelengkapan data satuan pendidikan yang dilakukan oleh operator aplikasi dapodikmen kini sudah bisa dikontrol melalui web dapodikmen dengan indikator berupa persentase. Batas minimal toleransi kualitas data adalah 95%.
Aplikasi bantu pengecekan kualitas kelengkapan data dapodikmen online terdiri dari indikator kualitas data untuk:
  • Satuan Pendidikan (SP)
  • Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK)
  • Peserta Didik (PD)
  • Sarana dan Prsarana (Sarpras)
Dari 4 indikator kualitas data di atas, hanya 2 yang dapat diketahui bagian mana yang masih kurang, yaitu kualitas data dari SP dan PTK. Berikut cara meningkatkan kualitas kelengkapan data SP dan PTK.
  1. Kunjungi situs dapodikmen seperti biasa atau klik disini
    Situs Pendataan Dapodikmen
  2. Login manajemen pendataan melalui tombol Login Operator Sekolah. Isikan username dan password kemudian klik Masuk
    login dapodikmen operator sekolah
  3. Klik tombol Data Sekolah, kemudian anda akan disuguhkan data dan statistik sekolah
    Data dan statistik sekolah
  4. Pada bagian kualitas kelengkapan data satuan pendidikan, anda akan melihat indikator kualitas kelengkapan data berupa persentase
    Kualitas kelengkapan data dapodikmen
  5. Klik persentase (ditunjukkan oleh angka 1) dari identitas satuan pendidikan, bagian mana yang masih kurang. Tampilannya seperti gambar di bawah ini.
    Identitas satuan pendidikan
    Anda tinggal melengkapi bagian yang kurang melalui aplikasi dapodikmen offline. Kekurangan ditandai dengan tulisan [Tidak Valid]
  6. Sama halnya untuk kelengkapan PTK, anda tinggal klik pada persentase Pendidik dan Tenaga Kependidikan untuk mengetahui data yang masih tidak valid.
    Data kelengkapan PTK
Untuk data peserta didik serta sarana dan prasarana masih belum dapat diketahui bagian mana yang urgen dan harus diisi sehingga bisa mencapai 100%. Tetapi yang lebih penting, data yang telah kita isikan benar-benar valid dan akurat dan mencapai minimal 95%.
(dilansir dari situs : http://nuptk.net/ )
Demikian berita dan informasi yang dapat Pilah Berita berikan, semoga ada manfaatnya untuk kita semua, sekian dan terima kasih atas kunjungan bapak dan ibu guru semua.... wassalam

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "INI DIA CARA MENINGKATKAN KUALITAS DATA DAPODIKMEN MENJADI 100 PERSEN !"

Posting Komentar