Selamat Pagi rekan-rekan OPS setanah air. Kali ini Pilah Berita kembali akan membagikan berita terbaru seputar OPS..yuk simak selengkapnya,….
Berita ini buka dari saya atau karangan saya, tapi bersumber langsung dari admin PDSP kemdikbud bapak Taufik Lone, yang intinya marilah kita sama-sama saling mengingatkan sesama operator sekolah demi kevalidan data di sekolah kita khususnya NISN Peserta Didik yang nantinya akan sangat penting bagi masa depan mereka. Berikut informasi dari beliau.
Mohon perhatian !
Kepada semua teman-teman OPS di seluruh Nusantara, tolong di “INFORMASIKAN DAN DI INGATKAN” kepada rekan-rekan OPS yang lain agar segera melakukan verval bagi yang belum melakukan VervalPD dan untuk yang sudah melakukan verval, check dan re-check kembali data terakhir dan di dokumentasikan data di referensi agar dapat di jadikan bukti hasil kerja teman-2 OPS baik hasil dapodik maupun vervalPD.
gambar info NISN
Info NISN Siswa mutasi
Secara logika ketika siswa pindah sekolah atau mutasi atau lulus, artinya nama siswa tersebut seharusnya tidak lagi berada dalam database sekolah asalnya, maka tugas OPS adalah mengeluarkan data siswa tersebut dari database melalui Aplikasi DAPODIK, kemudian lakukan sinkronisasi, selanjutnya ketika sekolah tujuan melakukan input siswa baru karena pindah, mutasi atau lulus dari sekolah asal melalui DAPODIK dan di sinkronisasi, siswa tersebut otomatis akan pindah ke database sekolah tujuan,
Apabila prosedur ini tidak dilakukan, maka data peserta didik selamanya akan berada didatabase sekolah asal dimana siswa tersebut sebetulnya sudah tidak bersekolah di sekolah tersebut, Yang harus difahami adalah, OPS sebagai pengelola data yang behubungan langsung dengan sumber data harus aktif dan mendapat informasi dinamika peserta didik/siswa, sehingga database sekolah akan selalu terbarukan(up to date). Semoga di fahami, Terimakasih.
Syarat data berkualitas adalah data tersebut terbarukan, ter-verifikasi dan valid.
demikian berita yang dapat admin sampaikan, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.


EmoticonEmoticon