GAJI GURU MASIH KALAH DENGAN GAJI BURUH


Assalamualaikum wr. wb. Selamat siang rekan-rekan gurusetanah air indonesia. salam hangat dan sejahtera. Siang ini PILAH BERITA akan menyajikan anda sebuah informasi tentang : Gaji Guru Masih Kalah dengan Buruh. Seperti apa  beritanya?…..Ayo kita simak dibawah ini.......

Pengabdian dan kesejahteraan setidaknya harus seimbang untuk memotivasi pengabdian. Apa jadinya jika tuntutan amanah pengabdian begitu tinggi sementara urusan kesejahteraan sangat tidak manusiawi? Itulah yang dialami guru honorer di Makassar.

Guru honorer yang mengandalkan uang sertifikasi per bulannya kerap tertunda hingga berbulan-bulan padahal urusan makan dan urusan lain bukanlah hal yang dapat ditunda. Itu baru persoalan waktu pembayaran, bicara soal nilainya pun ternyata juga sangat memprihatinkan.

Di saat harga barang, harga BBM melambung, gaji dari uang sertifikasi guru honorer hanya Rp 1,5 juta. Ini membutuhkan pikiran ekstra bagaimana mengelola uang minim dengan banyaknya kebutuhan.

“Sebulan honor dari uang sertifikasi itu hanya Rp 1,5 juta. Nilai ini jauh lebih sedikit dari gaji buruh di Makassar yang sesuai UMK sebesar Rp 2,075 juta,” kata Dahlan Sulaiman, guru honorer sekaligus Kepala Sekolah Madrasah Aliah Mukminin Muhammadiyah, Makassar yang dibawah naungan Kementerian Agama.

Dahlan Sulaiman yang mengabdi dengan status guru honorer sejak tahun 1996 itu mengatakan, bersama rekan-rekan sesama guru honorer ini adalah pengabdi, pendidik anak-anak bangsa tetapi terabaikan. Uang pengabdian perbulan sudah sangat kecil harganya, itu pun kerap ditunda berbulan-bulan.

“Kita juga seperti yang lain, butuh uang makan, butuh beli bensin, ongkos transportasi. Bagaimana bisa hidupi keluarga kalau begini kenyataanya,” tutur Dahlan Sulaiman.

Dijelaskan, dana BOS belum dicairkan sejak Januari 2015. Sementara uang sertifikasinya, kata Dahlan, belum diterima sejak Oktober 2014 hingga April 2015, berarti sudah tertunda selama tujuh bulan.

“Ada 81 rekan saya, guru honorer dari berberapa sekolah di Makassar bahkan belum terima uang sertifikasinya sejak tahun 2013,” kata Dahlan Sulaiman yang juga aktif di Ikatan Guru Honorer Indonesia (IGHI) Makassar.

Bersama 30-an guru honorer lainnya dari IGHI, Dahlan turut aksi di depan pelataran Monumen Mandala, Jalan Jenderal Sudirman, memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas).

Dalam aksinya, puluhan guru honorer ini menuntut Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla segera merealisasikan janji politiknya untuk mensejahterahkan guru honorer. Jokowi-JK diminta segera membayarkan sertifikasi guru non PNS baik di tingkat Raudatul Atfal (TK), Madrasah Ibtidaiyah (SD), Madrasah Tsanawiah (MTs) dan Madrasah Aliah (MA) serta guru agama pada sekolah umum.
“Kalau uang sertififikasi dan dana Biaya Operasional Sekolah (BOS) tidak segera dibayarkan bulan Mei ini maka kami akan mogok,” ancam salah seorang orator dalam aksinya.

( dilansir dari situs :okezone.com )

Demikian berita dan informasi yang dapat PILAH BERITA sajikan kali ini. Semoga bermanfaat untuk rekan-rekan guru semua. .... Amiiinnnnn....

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "GAJI GURU MASIH KALAH DENGAN GAJI BURUH"

Posting Komentar