SISTEM GAJI PNS TERBARU RESMI DIBERLAKUKAN 2017 MENDATANG !!!


Selamat sore dan selamat datang di PILAH BERITA. kali ini PILAH BERITA akan membagikan informasi terkait sistem gaji pns terbaru yang resmi diberlakukan 2017 mendatang. Bagaimana kelanjutan beritanya? simak selengkapnya disini.....

Setiawan menjelaskan, pemerintah menata ulang komponen gaji PNS. Sebab dalam UU 5/2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) diatur penghasilan PNS hanya ada tiga komponen saja. Yakni gaji, tunjangan kinerja, dan biaya kemahalan.

“Nanti tunjangan anak-istri dan sejenisnya yang nominalnya kecil tetap diterima PNS. Tetapi digabung dalam satu komponen pembayaran yakni gaji (single salary, red),” jelas dia.

Sedangkan komponen tunjangan profesi tetap mengaju pada capaian kinerja setiap tahunnya. Sementara komponen biaya kemahalan, ditetapkan berdasarkan region.

Terkait dengan pemberlakuannya, Setiawan menuturkan masih menunggu peraturan pemerintah (PP). Pada prinsipnya paling cepat program ini akan dijalankan tahun depan. Sedangkan perkirakaan lainnya, aturan gaji tunggal ini akan diterapkan 2017 nanti.

Setiawan menjelaskan bagi para PNS yang mendekati usia pensiun, mungkin tidak akan terkena kebijakan gaji tunggal itu. Sebab penerapan gaji tunggal akan berpengaruh pada besaran uang pensiun yang akan diterima. Sebab dengan disatukannya semua tunjangan-tunjangan, maka nominal gaji yang diterima PNS setiap bulannya bertambah besar.

Aturan soal gaji dan tunjangan PNS dalam UU ASN diatur mulai pasal 79. Dalam pasal itu, sudah tidak dikenal lagi sebutan gaji pokok. Sebagai gantinya cukup dengan sebutan gaji.

Seperti padal pasal 79 ayat 1 yang berbunyi, Pemerintah wajib membayar gaji yang adil dan layak kepada PNS serta menjamin kesejahteraan PNS.

Lalu di pasal 80 disebutkan, selain menerima gaji para PNS juga mendapatkan tunjangan yang terdiri dari tunjangan kinerja serta tunjangan kemahalan.

( dilansir dari situs : www.kemendagri.go.id )

Demikian berita dan informasi yang dapat PILAH BERITA sampaikan,, semoga selalu bermanfaat untuk kita semua. jika berkenan beri komentar ya... terima kasih atas kunjungannya..

Subscribe to receive free email updates:

27 Responses to "SISTEM GAJI PNS TERBARU RESMI DIBERLAKUKAN 2017 MENDATANG !!!"

  1. PENGEN PUNYA SMARTPHONE KELAS ATAS TAPI GA BIKIN KANTONG TERKURAS? SILAHKAN CHAT DI BBM INVET PIN: 24C4A399 ATAU HUB/SMS:0857-5729-9675- ATAS NAMA NABILA SAIRA SHOP. TERSEDIA BERBAGAI MEREK MULAI DARI SAMSUNG, I PHONE, ZONY EXPERIA DLL JUGA ADA LAPTOP, CAMERA, DLL. BARANG ASLI ORIGINAL 100%, ( BUKAN SC ATAU REPLIKA )

    BalasHapus
  2. Gaji PNS sekarang aja lebih rendah dari UMR, ironis selama du tahun gaji tidak naik hanya di bohongi dngan gaji ke 14, padahal kenaikan gaji pokok sangat penting untuk menentukan besaran uang pensiun bagi PNS, ternyata masih lebih enak masa2 Pak SBY dan Gus Dur, jaman pak SBY usia pensiun ditambah 2 tahun, dan waktu jamannya Gus Dur kenaikan pangkat untuk SMA sederajat tidak mentok di III A tapi menjadi III B, presiden yang sekarang apa ?????

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadi PNS dijaman jokowi sangat susah dan miskin,kerja berat gaji kecil.

      Hapus
    2. PNS ketjaan berat yg gmn ? Ngaco nih org... KErjaan plg sntai itu ya PNS , gaji berkecukupan... Gak kayak swasta... Banyak2 istighfar bung , banyakin ucap syukur

      Hapus
  3. bln akhir sma jabatan sda gonta ganti mentri..k mi guru harus kdi korban.massa sda disetujui a 1..kena kebijakan mentri pendidikan yg baru...kmi tidak masuk quota 2016.

    BalasHapus
  4. Gaji pegawai sangat perlu diperhatikan naikkan krn kebutuhan semua serba mahal ,sdh 30 th mengabdi jadi pns ,gaji untuk makan aja mlh kurang ,

    BalasHapus
  5. lebih dari 50% PNS menyekolahkan SK nya di Bank untuk pendidikan anak, renovasi tempat tinggal, nikahin anak dll. Sisa gaji yang diterima rata2 kisaran Rp.500rb. uang sisa segitu harus dikelola supaya cukup untuk kehidupan 1 bulan. syukur2 ada penugasan perjalanan dinas misalnya, bisa nambah2, kalau nggak..... hehe... bersyukur dan bersabar saja ya... Allah Maha Kaya.

    BalasHapus
  6. Gaji Alhamdulillaah segitu juga untuk golongan II c...masih bisa kredit rumah type 36, Mudah2an Allah memberikan rezeki yg lebih untuk kami para PNS.
    Untk PNS Yg giat dan benar2 bekerja semoga lebih baik....dan
    untuk PNS yg malas semoga disadarkan segera bertaubat dan bekerja menjadi baik.
    Ya Allah.... kalo difikir2 mah terkadang rudet bin rungsing, kebutuhan banyak....boro2 mikirin keinginan.
    Tapi.... yaa beginilah nikmatnya jdi PNS, bisa bekerja dengan masyarakat, membantu mereka, menikmati gaji yg segitu minimnya tp selalu cukup untuk memenuhi kehidupan kami.
    Salam hangat untuk para PNS..... semangat selalu untuk kemajuan Bangsa.

    BalasHapus
  7. Tapi......
    Polri dan TNI dapet remunerasi.
    Guru dapet sertifikasi.
    Kesehatan gak ada ya...???
    Sabaaaarrrrr hateeee...... (ngelus dada, dan ucapkan "Alhamdulillaah...mungkin belum saatnya ")

    BalasHapus
  8. Masukkan komentar Anda...jadi org itu bersyukur,sudah sifat dasar manusia merasa kurang.lihatlah kebawah

    BalasHapus
  9. Buatkan satu peraturan yg baik utk semua pns,biar tdk ada kecemburuan sosial

    BalasHapus
  10. Kasian PNS umum....
    Kerja gaji minim...kerja pikir hutang...ga hutang ga punya rumah...

    BalasHapus
  11. Sabarrrr syukuri ja,,,,,
    Jangan ngeluh

    BalasHapus
  12. Hidup mesti di syukuri.... Tni polri dapat remun dan uang makan... guru dapat sertifikasi.. Tapi ttp merekapun gadai sk dibank... Tni polri ada naik pangkat luar biasa kalo menangani kasus... Apakah perna ada kenaikan pangkat luar biasa buat pns kesehatan kalo habis menangani KLB bencana gtu... Ga ada kan... Boro2 dpt remun jasa medis yg yg ga seberpa saja harus bayar pajak PPH 15 persen.... jadi rejeki tu ada di tgnvTuhan... cukup elussvdada aja....

    BalasHapus
  13. kita bersyukur aja, Besar kecil Gaji, sudah ada yg ngatur, rezeki Allah yg menentukan. Kita hanya berusaha dan berdo'a.Insha Allah pemerintah memperhatikan. Hampir semua pns gadai sk ,buat ini itu.kalo dasarnya sudah kaya mah gampang pasti pada punya rumah, ne juga buanyak yg masih ngontrak. He2

    BalasHapus
  14. Yang di atas,udah PNS masih mengeluh aja,masih mending situ,nah saya honorer???nasib ga jelas

    BalasHapus
  15. diharapkan, sangat karena apabila gaji dinaikan dan Tunjangan Kemahalan di sesuaikan per regioon karena kami indonesia Timur sangat mahal harga kebutuhan Pokok, untuk itu jika pemerintah menaikan gaji PNS, kami akan sangat berterima kasih.

    BalasHapus
  16. kalo saya sih nggak terlalu banyak berharap dengan pemerintahan sekarang...... apalagi ngarep gaji naik tak mungkinlah itu .... lah wong sdh dikasih gaji 14... supaya seneng sebulan alias menderita 4 tahun kedepan kaciaann amat nasip PNS....

    BalasHapus
  17. harus cari tambahan penghasilan yg lain. supaya tidak ketinggalan dengan pegawai swasta.

    BalasHapus
  18. jare wong tuwo.."SAWANG SINAWANG"........:))

    BalasHapus
  19. Sampek skrng aja pp nya blm keluar kok, ya ditunggu aja. Sabar sabar sabar teman

    BalasHapus
  20. sebagai PNS anda juga harus punya penghasilan tambahan agar tidak korupsi tuk menutupi biaya hidup

    BalasHapus
  21. Masih blm final ketentuannya pemerintah masih mengkaji lagi ttg anggaran dan kinerja pns yg mesti disinkronisasikan... mudah mudahan bisa terealisasi..

    BalasHapus