INI DIA KENAIKAN GAJI PNS 2015, TABEL GAJI DAN GAJI KE 13 TAHUN 2015

Selamat malam untuk para guru dan PNS setanah air indonesia. Terima kasih telah setia bersama PILAH BERITA. kali ini PILAH BERITA hadir dengan berita tentang kenaikan gaji PNS 2015, Tabel gaji dan gaji ke 13 Tahun 2015. Penasaran dengan beritanya ? simak selengkapnya disini......

Inilah berita gembira bagi para PNS / ANS karena ditengah gonjang-ganjing defisit anggaran yang dihembuskan para Wakil Rakyat di Senayan, sempat membuat para aparatur sipil negara (ASN) terutama PNS was-was. Namun, pemerintah masih berencana merealisasikan Kenaikan Gaji PNS dan Pemberian Gaji Ke 13. Menpan menyatakan bahwa PNS  tetap akan menerima gaji karena anggarannya sudah tertata dalam APBN. Gaji pegawai itu sudah masuk dalam pengeluaran rutin negara, jadi tidak benar kalau ada isu PNS terancam tidak gajian karena defisit anggaran,” ungkap Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi di kantornya, Kamis tanggal 4 April 2015

Menurut Menpan, Gaji ke-13 sudah masuk dalam APBN, sehingga realisasinya tinggal menunggu pencairan yang biasanya direalisasikan menjelang tahun ajaran baru. Ia menyatakan “Kenaikan gaji PNS secara berkala, gaji ke 13, itu rutin setiap tahunnya. Hanya saja berapa prosentase kenaikan gaji PNS masih digodok pemerintah. Sedangkan realisasinya, menjelang tahun ajaran baru, agar aparatur punya dana cadangan untuk anak sekolah.

Lebih lanjut Menpan mengaskan bahwa pemerintah berupaya meningkat kesejahteraan PNS setiap tahunnya. Itu sebabnya PNS / ANS sebagai aparatur harus meningkatkan kinerja terutama dalam pelayanan publik.

Beberapa hari sebelumnya di Palangkaraya, MenpanRB Yuddy Chrisnandi menyatakan bahwa rancangankenaikan gaji PNS / ANS tahun 2015 sudah diusulkan kepada presisen. Yuddy mengatakan, rancangan peraturan tentang kenaikan gaji berkala bagi PNS / ASN sebesar 6% pada 2015, saat ini sudah disampaikan kepada Presiden. Hal tersebut disampaikan dalam pertemuan MenpanRB dengan Aparatur Sipil Negara Kota Palangka Raya, yang bertempat di gedung pertemuan umum Palampang Tarung, komplek kantor pemerintahan ibu kota Kalteng itu.

Pada kesempat itu, MenpanRB memberikan  kabar gembira bahwa bagi pejabat eselon III hingga eselon I bahwa saat ini pemerintah mengadakan promosi jabatan lintas daerah atau promosi tingkat nasional. Yuddy mengatakan “Tidak hanya berputar di situ, jika perlu di daerah lain bisa dipromosikan, eselon II rolling di tingkat provinsi juga bisa di tingkat nasoinal apalagi eselon I. Mereka yang berprestasi bias dipromosikan ke tingkat nasional sehingga karirnya tidak berhenti di daerah,” katanya.

Gaji Ke 13 dan Kenaikan Gaji  PNS Tahun 2015
Selain itu, berkaiatan dengan beredarnya berita atau informasi yang menyesatkan mengenai akan dihapusnya uang pensiun bagi PNS atau ASN, TNI dan Polri, MenpanRB mengatakan bahwa hal itu hanya isu karena selama ini pemerintah tidak pernah membahas masalah tersebut. “Itu hanya isu. Pemerintah tidak pernah mengusulkan. Bagaimana mau dihapus. PNS bekerja puluhan tahun hingga dia pensiun dan berhak mendapatkan jaminan hari tua dan tunjangan pensiun,” tegas Yuddy.Pemerintah berencana malakukankenaikan Gaji Pokok PNS TNI POLRI tahun 2015 sebesar 6 persen dan rencana kenaikan uang makan. Rencana kenaikan Gaji Pokok PNS TNI POLRI tahun 2015 tersebut  telah masuk di dalam anggaran Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2014-2015.  Kenaikan tersebut rencananya akan diberlakukan mulai bulan Januari 2015. Adapun alasan kembali menaikkan gaji pokok dan uang makanPNS pada tahun 2015 adalah untuk meningkatkan kinerja PNS. Dengan adanya kenaikan tersebut, diharpkan pelayanan PNS kepada masyarakat meningkat.

Namun, kepastian realisasi kenaikan Gaji PNS TNI POLRI tahun 2015 dan kenaikan uang makan pada tahun 2015 nanti tentunya masih menunggu Peraturan Pemerintah (PP). Karena persoalan gaji PNS di Indonesia di atur melalui Peraturan Pemerintah, seperti PP NOMOR 34 TAHUN 2014 TENTANG PERUBAHAN KEENAMBELAS ATAS PERUBAHAN PERATURAN PEMERINTAH  NOMOR 7 TAHUN 1977 TENTANG PERATURAN GAJI PEGAWAI NEGERI SIPIL.

Berkaitan dengan rencana kenaikan Gaji Pokok PNS TNI POLRI tahun 2015 sebesar 6 persen dan rencana kenaikan uang makan sesungguhnya merupakan sesuatu yang realities, karena gaji PNS TNI POLRI saat ini masih jauh dari tingkat sejahtera dibandingkan biaya hidup atau kebutuhan sehari-hari. Bagi PNS yang memiliki anak yang sedang kuliah misalnya, gaji yang didapat hanya cukup bahkan tidak cukup untuk biaya kuliah tersebut.
Berikut ini Daftar atau Tabel Gaji PNS Golongan I berdasarkan PP NOMOR 34 TAHUN 2014. Untuk Tahun 2015 masih menunggu PP terbaru.


Berikut ini Daftar atau Tabel Gaji PNS Golongan II berdasarkan PP NOMOR 34 TAHUN 2014. Untuk Tahun 2015 masih menunggu PP terbaru.


Berikut ini Daftar atau Tabel Gaji PNS Golongan III berdasarkan PP NOMOR 34 TAHUN 2014. Untuk tahun 2015 masih menunggu PP terbaru.


Berikut ini Daftar atau Tabel Gaji PNS Golongan IV berdasarkan PP NOMOR 34 TAHUN 2014. Untuk tahun 2015 masih menunggu PP terbaru.


Selain itu, pada tahun 2015 dimungkinkan diberlakunya sistem penggajian berdasarkan kinerja. Sebagimana diketahui, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) berencana untuk mengubah skema kenaikan gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS). Kedepan gaji tidak akan dipukul rata dengan persentase tertentu melainkan berdasarkan capaian kinerja. Namun, kepastian sistem penggajian mana yang akan digunakan masih menunggu Keputusan atau Peraturan Pemerintah Jokowi – JK.

Berkaitan dengan informasi gaji ke 13 tahun 2015 kemungiknan masih tetap ada, karena sampai saat ini  belum ada instruksi apa-apa tentang gaji 13 dari Pemerintah Jokowi – JK.  Herman Suryatman selaku Kepala Biro Hukum Komunikasi Informasi Publik KemenPAN-RB seperti dikutip dari jpnn.com terkait dengan pemberitaan dan informasi PNS Tetap Terima Gaji ke-13 dan juga Muncul Isu Jokowi Hapus Gaji Ke-13 menjelaskan bahwa Belum ada instruksi apa-apa tentang gaji 13, masih tetap seperti yang sebelumnya. Dia mengimbau masyarakat jangan terpengaruh dengan isu-isu terkait efisiensi anggaran yang tengah digalakkan pemerintahan Presiden Jokowi-JK. Ia meminta semua pihak jangan mudah terprovokatif atau percaya dengan isu yang tidak jelas sumbernya. Yang jelas sampai hari ini belum ada instruksi tentang penghapusan gaji 13,” tegasnya.

Ditambahkannya, kebijakan gaji 13 muncul di jaman pemerintahan Megawati Soekarno Putri. Tujuannya adalah ingin memberikan bantuan kepada seluruh PNS, TNI, dan Polri yang anaknya memasuki tahun ajaran baru. Kebijakan ini terus dilanjutkan hingga masa pemerintahan SBY dua periode.


semoga kabar gembira ini dapat bermanfaat untuk kita semua. terima kasih telah berkunjung dan jangan lupa beri komentar.. wassalam.. :)

Subscribe to receive free email updates:

38 Responses to "INI DIA KENAIKAN GAJI PNS 2015, TABEL GAJI DAN GAJI KE 13 TAHUN 2015"

  1. Alhamdilillah jika ada kenaikan Alhamdulillah pula walau tidak' yg penting sehat , kami berharap pemerintah lebih peduli kepada dunia pendidikan guru guru Honorer khususnya mohon dipikirkan kesejahteraanya,Operator Dapodik dan karyawan 2 lain yg selalu terkait dg dunia pendidikan, Saya sadar gagasan ini dak berarti apa apa, namun marilah kita suarakan terus teman, agar Doa dan upaya kita didengar oleh Alloh dan yg berwenang akan merealisasikan permintaan kita!!.

    BalasHapus
  2. kalau sampai gaji ke 13 dihapuskan dan 2015 ngak ada kenaikan gaji pns. pemerintah jokowi sungguh terlalu dan tidak punya nurani,

    BalasHapus
  3. Yang PNS Kesehatan kapan sertifikasi??????

    BalasHapus
  4. Yang PNS Kesehatan kapan sertifikasi??????

    BalasHapus
  5. Basi, tu smua cuma bacot doank.dari dulu cuma gitu doank.

    BalasHapus
  6. Pensiuan PNS apakah ikut naik jg?

    BalasHapus
  7. Selama pemerintahan jokowi, pns jgn harap dapat kesejahteraan, yg ada suruh kerja... Kerja.... Kerja... Kesejahteraan tdk diperhatikan....

    BalasHapus
  8. Itukan tabel tahun 2014... busyet kamu asal posting, kopas lagi malas ah

    BalasHapus
  9. Kalau guru dan TNI POLRI selalu dpt perhatian... Kami sebagai Tenaga Kesehatan kapan diperhatikannya...???

    BalasHapus
  10. Sekarang di dki terjadi perbedaan yg menyolok antara struktural dan guri atau fingsional.dlm tkd.penghargaan guru yg 500 rb setahun aja dihapus .yg biasa diterima sebelum pensiun

    BalasHapus
  11. Alasannya ngak ada dasar hknya.mud2 apbd th dpn diperjuangkan.lg tunjangan kehormatan guru.kl dia ngajar 30th x 500 jd 15 jt. Perjuangkan oleh pgri.

    BalasHapus
  12. Yang PNS kesehatan gak sertifikasi tapi kan ada jasa medis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sory interupsi, yang dapat jasa medis hanya fungsinal yang berhak. Struktural kesehatan tidak

      Hapus
    2. Sama dengan dinas pendidikan yang struktural juga tidak dapat sertifikasi

      Hapus
  13. Kami PNS atau ASN atau apa pun itu istilahnya.......hanya perlu BUKTI.....bukan JANJI JANJI atau ANSOR (Angin Sorga) semata.....

    BalasHapus
  14. Maaf yg tidak tahu kesehatan jangan sok tahu kesehatan.
    Tidak semua PNS kesehatan ada jasa medisnya,di kesehatan tu ada dua (medis dan non medis) klo yg non medis dpt jasa apa?...

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul..kesehatan lebih hebat dari guru..sekolahnya mahal..kerjanya non stop 24 jam hidup...walau hari raya tetap masuk kerja...manusia yang dikerja bukan kertas..saya kesehatan dan juga pengajar..saya bisa bandingkan bedanya..jauh...perhatikan kesehatan pak presiden..trims salam

      Hapus
    2. Kalo kesehatan terbagi lagi 2, ada fungsional ada jga struktural, kalo fungsional alias lapangan, wajar dapat jasa. Kalo struktural tidak berhak dapat jasa medis.

      Hapus
  15. Rezim Jokowi PNS bakalan melarat Jangan terlalu banyak berharap,,kerja aja yang baik semoga gaji yang ada berkah

    BalasHapus
  16. aku mash serahkan kepada yang di atas

    BalasHapus
  17. Kalau kenyataannya nanti lebih sejahtera...gimana mau ikut ga haters?

    BalasHapus
  18. Jokowi aja sdh bubarkan petral (mafia migas) .....baca...baca...haters....keren kan Jokowi....

    BalasHapus
  19. PENGEN PUNYA SMARTPHONE KELAS ATAS TAPI GA BIKIN KANTONG TERKURAS? SILAHKAN CHAT DI BBM INVET PIN: 24C4A399 ATAU HUB/SMS:0857-5729-9675- ATAS NAMA NABILA SAIRA SHOP. TERSEDIA BERBAGAI MEREK MULAI DARI SAMSUNG, I PHONE, ZONY EXPERIA DLL JUGA ADA LAPTOP, CAMERA, DLL. BARANG ASLI ORIGINAL 100%, ( BUKAN SC ATAU REPLIKA )

    BalasHapus
  20. naik gaji imbangin dong ama kinerjanya...

    BalasHapus
  21. MASIH MENUNGGU PP YANG BARU, MASIH BELUM JELAS. PP-NYA BELUM KELUAR

    BalasHapus
  22. Menungu dan terus menunggu.....................sabar

    BalasHapus
  23. Saya punya peluang bisnis yang syariah melalui www.k-link.co.id bisa di pelajari.. Dan bisa untuk penghasilan tambahan anda sambil bekerja sebagai PNS. Bs hub di 7E9E2143.

    BalasHapus
  24. Asiknya jadi PNS ya, gaji naik terus :)

    BalasHapus
  25. Klo guru yg pensiun diberi minimal 1 milyar atw tergantung ms krja & gol,pasti byk yg pensiun dini.inilah mimpiku .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo diberlakukan, pasti aturan pensiun dini akan lebih diperketat

      Hapus
  26. Siiiiiplah kalo memang nyata heheeee....!!!

    BalasHapus
  27. Jangankan naik gaji sakit aja ngurusnya tinggu mati...bubarkan bpjs kembali ke askes....

    BalasHapus
  28. Boong besarrrr sejahtra apa??? Berobat aja susah....bubarkan bpjs bubarkannnnnnnn.......pisahkan bpjs dgn askes......bacor sich enak aja ngimong

    BalasHapus
  29. Tunjangan Operator Dapodik mana ya kok ditunggu tidak ada kabarnya lagi...

    BalasHapus
  30. Masih enak jadi pengusaha cr 2jt cukup 2 minggu aza bisa

    BalasHapus
  31. Apalgi honorer dan ptt mereka paling didepan dalam bekerja tapi gaji mrreka kalah sama buruh pabrik

    BalasHapus
  32. kami perlu bukti bukan janji,dah bosan dengan jani"

    BalasHapus