Assalamualaikum Wr. Wb, Selamat malam bapak dan ibu yang berbahagia. kabar gembira mnyelimuti para PNS negeri ini, pasalnya PNS bebas uang muka beli rumah, penasaran dengan beritanya? simak selengkapnya dibawah ini...

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat memberikan kemudahan kepada pegawai negeri sipil (PNS) mendapatkan rumah. Untuk mendapatkan rumah PNS bisa dibilang dibebaskan membayar uang muka.

Karena PNS mendapatkan tunjangan dari Badan Pertimbangan Tabungan Perumahan (Bapertarum) sesuai dengan golongan mulai dari Rp 1,2 sampai Rp 1,8 juta.

Ketua DPD Real Estate Indonesia (REI) Sumsel, Harriadi Benggawan, Rabu(22/4) mengatakan mulai 30 April mendatang pemerintah akan mencanangkan DP 1 persen.

“Artinya jika DP 1 persen dari harga rumah FLPP Rp 110,5 juta maka DP yang harus dibayar hanya Rp 1,1 juta. Sedangkan PNS mendapat tunjangan mulai dari Rp 1,2 sampai Rp 1,8 juta. Artinya bisa dibilang PNS bebas dari uang muka,” ujarnya. Namun program ini hanya berlaku untuk pembelian rumah pertama saja.

Hariadi mengatakan, kebijakan DP 1 persen baru akan dicanangkan oleh pemerintah pada 30 April mendatang di Semarang. Pencanangan ini bersamaan dengan pencanangan penurunan suku bunga 7,5 persen menjadi 5 persen dan subsidi uang muka Rp 4 juta. Subsidi uang Rp 4 juta dari pemerintah ini dikhusus bagi pembeli rumah MBR (Masyarakat Berpenghasilan Rendah).

“Rumah MBR ini hanya untuk masyarakat berpenghasilan rendah. Nantinya dana Rp 4 juta tersebut dapat dipergunakan untuk biaya KPR, biaya BPHTB,” ujarnya.

“Pada 30 April nanti akan dicanangkan oleh Presiden RI di Semarang. Dalam pembicaraan di Jakarta beberapa waktu lalu, setelah pencanangan itu dilakukan kemudian dalam waktu dekat akan langsung berlaku termasuk di Sumsel,” ujarnya.

Menurutnya, pemberitahuan tersebut sudah diterima dari pusat. Pada saat pencanangan tersebut, ada 8 (delapan) Provinsi yang langsung akan melakukan video konferens bersama secara live. Sumatera Selatan, DKI, Banten, Sumatera Utara, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Tengah dan Sulawesi Selatan.

Tahun 2015 ini, REI Sumsel memproyeksikan pembangunan rumah MBR sekitar 15.000. Hingga triwulan pertama ini sudah terealisasi sekitar 3.000 rumah. Dengan adanya pencanangan tersebut, diyakini akan menggeliatkan pasar property yang saat ini cenderung lesu dampak dari turunnya harga komoditas perkebunan.

“Saat ini, para developer pun tengah menyiapkan lahannya. Sementara daerah yang masih berpeluang dan strategis untuk digarap sebagai perumahan merupakan daerah pinggiran seperti Talang Kelapa, Sematang Borang, Talang Jambe dan Sukajadi,” ujarnya.

(dilansir dari situs : tribunnews.com)

Sekian informasi yang dapat kami sajikan ini,semoga bermanfaat untuk rekan-rekan guruku semua aminnn….Dan saya ucapkan banyak-banyak terimakasih atas kunjungannya…. 


EmoticonEmoticon